Penangkal Petir-Anti Petir http://www.antipetir.com Dewata Technoindo© menyediakan pemasangan Penangkal Petir NeoFLASH jenis Elektrostatik dan Arrester melayani instalasi se-Indonesia beserta kelengkapan material Thu, 12 Jun 2014 04:44:23 +0000 en-US hourly 1 Dua Remaja Tewas Disambar Petir Saat Berteduh di Gubuk Sawah http://www.antipetir.com/dua-remaja-tewas-disambar-petir-saat-berteduh-di-gubuk-sawah/ http://www.antipetir.com/dua-remaja-tewas-disambar-petir-saat-berteduh-di-gubuk-sawah/#comments Thu, 17 Apr 2014 06:20:46 +0000 http://www.antipetir.com/?p=3850 Dua remaja Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya, Jauhari (17) dan Syarifuddin (15) tewas dalam perjalanan ke puskesmas setelah disambar petir saat kawasan itu dilanda hujan lebat disertai guntur, Rabu (16/4/2014) pukul 18.00 WIB. Keduanya diyakini sedang berkomunikasi menggunakan telepon selular (HP) saat disambar halilintar. Kedua korban berstatus siswa SMA dan berasal dari desa yang sama, […]

The post Dua Remaja Tewas Disambar Petir Saat Berteduh di Gubuk Sawah appeared first on Penangkal Petir-Anti Petir.

]]>
sawah-petir

Dua remaja Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya, Jauhari (17) dan Syarifuddin (15) tewas dalam perjalanan ke puskesmas setelah disambar petir saat kawasan itu dilanda hujan lebat disertai guntur, Rabu (16/4/2014) pukul 18.00 WIB. Keduanya diyakini sedang berkomunikasi menggunakan telepon selular (HP) saat disambar halilintar.

Kedua korban berstatus siswa SMA dan berasal dari desa yang sama, Gampong Blang Masjid, Kecamatan Beutong, Nagan Raya. Kedua sahabat itu ditemukan dalam kondisi kritis dan badan menghitam disambar petir pada sebuah gubuk persawahan di kawasan itu. Tak jauh dari mereka ditemukan dua unit HP yang terlepas dari tangan kedua korban.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Serambi (Tribunnews.com Network) dari berbagai sumber dan aparat kepolisian, sebelum meninggal disambar petir, kedua korban baru saja membantu orang tuanya masing-masing menggarap sawah. Mereka istirahat dan berteduh ke gubuk di tengah sawah karena tiba-tiba turun hujan lebat disertai petir.

Saksi-saksi meyakini keduanya menggenggam HP sambil berkomunikasi dengan lawan bicaranya masing-masing justru pada saat bersamaan petir menyambar kawasan itu. Dari sekian kali petir, diyakini ada satu kali yang langsung menyambar mereka karena di genggaman masing-masing ada logam berbentuk HP yang sedang online.

Kedua siswa itu tergeletak di lantai gubuk dalam kondisi badan menghitam, Warga yang melihat korban kedua rubuh bersamaan langsung berusaha memberikan pertolongan. Keduanya dilarikan secepatnya ke Puskesmas Beutong di Ulee Jalan dengan harapan nyawanya bisa tertolong.

Tapi takdir berkata lain, Jauhari dan Syarifuddin mengembuskan napas terakhir justru masih dalam perjalanan menuju puskesmas. Saat diperiksa petugas medis di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Puskesmas Beutong, keduanya ternyata sudah tak lagi bernyawa.

Isak tangis keluarga kedua korban pun membahana karena tak menyangka kedua remaja tersebut pergi begitu cepat. Padahal mereka baru saja menolong orang tuanya menggarap sawah.
Hingga tadi malam jasad keduanya masih disemayamkan di kediaman orang tuanya masing-masing dan hingga pukul 19.30 WIB tadi malam belum dimakamkan.

Kapolres Nagan Raya, AKBP Gunawan Eko Susilo SIK melalui Kapolsek Beutong, Ipda Banta Amat yang dikonfirmasi Serambi tadi malam mengakui adanya insiden tersebut.
“Korban meninggal diduga kuat akibat disambar petir saat hujan lebat terjadi.

Saat kejadian mereka berada di gubuk tengah sawah dan masing-masing punya HP,” katanya sembari mengingatkan bahwa HP merupakan alat penghantar listrik (termasuk petir sebagai listrik alam). Maka sebaiknya jangan digunakan pada saat terjadi petir.

Ipda Banta Amat mengakui, kejadian itu membuat masyarakat sekitar geger.
“Jasad kedua korban hingga tadi malam masih disemayamkan di rumah masing-masing orang tuanya,” kata Kapolsek Beutong, Ipda Banta Amat. (edi) TRIBUNNEWS.COM, SUKA MAKMUE

Apa yang harus kita perbuat saat bagai petir menggila sedang posisi kita ada di tanah lapang dan terbuka.
Terus berjalan dan berhujan hujan ria atau Mencari tempat berteduh.

Kita harus paham bahwa petir akan condong menghantam tempat yang lebih tinggi dari daerah sekitar .

Petir memiliki sifat hantaran sebagaimana listrik , mengalir dengan mudah di konduktor logam dan bisa juga melalui media yang basah.

Tulisan Terkait

The post Dua Remaja Tewas Disambar Petir Saat Berteduh di Gubuk Sawah appeared first on Penangkal Petir-Anti Petir.

]]>
http://www.antipetir.com/dua-remaja-tewas-disambar-petir-saat-berteduh-di-gubuk-sawah/feed/ 0
Military Class Anti Petir http://www.antipetir.com/military-class-anti-petir/ http://www.antipetir.com/military-class-anti-petir/#comments Thu, 06 Feb 2014 00:33:26 +0000 http://www.antipetir.com/?p=3534 Seringkali kami mendapati pertanyaan dari calon konsumen , Perangkat elektronik yang seperti apa Anti Petir ? Kami coba menerangkan perihal pengamanan petir kepada pembaca website ini , Bahwa peristiwa petir merupakan fenomena alam yang sifatnya masih terdapat banyak rahasia yang belum mutlak bisa dipecahkan secara teknologi sekarang ini . Semisal : besaran energi yang di hasilkan […]

The post Military Class Anti Petir appeared first on Penangkal Petir-Anti Petir.

]]>
Seringkali kami mendapati pertanyaan dari calon konsumen , Perangkat elektronik yang seperti apa Anti Petir ?

Kami coba menerangkan perihal pengamanan petir kepada pembaca website ini , Bahwa peristiwa petir merupakan fenomena alam yang sifatnya masih terdapat banyak rahasia yang belum mutlak bisa dipecahkan secara teknologi sekarang ini .

Semisal : besaran energi yang di hasilkan dalam setiap sambaran petir , Sangat luar biasa besar ( bisa menerangi seluruh bumi walau sekejab ) , efek dari peristiwa sambaran apakah baik untuk kehidupan atau buruk.

Sudah banyak penelitian yang dilakukan , mulai sebab terjadinya petir , dan cara menghindari kerusakan yang diakibatkannya .Teknik pengamanan paling akhir baru mendapat kesimpulan :

Pengamanan petir harus meliputi 2 metoda

1. Pengamanan bangunan atas sambaran yang mengenai .

2 . pengamanan atas isi perangkat elektronik , yang acap kali merambat melalui logam dan kabel yang didalam bangunan , pengkabelan bangunan baik masuk atau keluar.

Bila bapak ingin mendapatkan Jaminan 100% dari kami , tentu 2 hal di atas harus sudah dilaksanakan dan jaminan kami sebatas dari tinjauan teknis , seperti : nilai resistansi ground sudah benar , teknis instalasi , pengamanan arester di jaringan kabel , bila sudah benar maka kami berani memberikan jaminan tersebut . Jujur saja kami katakan JAMINAN 100 % ! dengan tanda seru besar ( harap harap cemas ).

kami ada sebuah contoh kasus ….
Sebuah office kami amankan dari bahaya petir … setelah 2 tahun berjalan terjadi kejadian , ada 3 unit PC rusak karena petir ( mati sesaat setelah ada sambaran petir ).
Setelah kami adakan pengecekan , dengan hasil , instalasi anti petir masih sesuai sebagaimana yang kami kerjakan . pengamanan arrester ( jaringan kabel ) masih utuh tidak ada kerusakan , tambahan instalasi yang bersifat baru dan membahayakan tidak ada .

Kami adakan pengecekan di unit PC yang mengalami kerusakan …. ternyata rusak di bagian IC BIOS PC tersebut alias tidak ada kebakaran hebat di unit Board nya .
Kami sampaikan kepada pemilik bangunan ! Mohon hal ini bisa dipahami sebagai kerusakan disebabkan Usia …( mati sakit jantung ) sebab bila karena sengatan petir tentu akan hangus total dari perangkat pc tersebut .

Sebab jenis perangkat elektronik sekarang ini semakin kecil dan rentan … jangankan kena petir , jatuh dari meja saja besar kemungkinan akan terjadi kerusakan .

Dengan kata lain Ada keterbatasan dan kemamuan , baik dari teknologi anti petir yang sudah ada dan Biaya yang besar . Apalagi menyangkut wilayah pengaman yang luas.

Sebagai perumpamaan , terdapat sebuah Cottage Hotel dengan banyak unit bangunan bila ingin diamankan dari bahaya betir keseluruhan tentu dibutuhkan beberapa unit penyalur petir yang covered area yang memadai dan pengamanan jaringan pengkabelan / arrester di setiap cottage / bangunan yang ada . Akan besar biayanya !.

Bila ada user yang bersedia Tentu kami sangat senang mewujudkannya :)  

Seperti apakah perangkat yang tahan petir / anti petir

Komponen yang kompak dan komplit begitulah istilah kami .

MILITARY CLASS begitulah himbauan kami , sebab diperangkat dengan standart seperti ini keberadaan unit penting akan di over standarkan ,
military-class-antipetir

Semisal di bagian IC BIOS Mainboard ditanam ganda , padahal hanya satu buah yang dipakai untuk beroperasi , satu buah BIOS sebagai cadangan, bila rusak di unit primary bios akan langsung bios sekunder sebagai cadangan.

Perangkat kapasitor dibagian unit daya dan pengaman daya di pilih menggunakan bahan Tantalum Solid , tahan lama , tahan banting. Unit catu daya memegang peran yang sangat penting di sebuah keawetan perangkat elektronik sebab setiap kali terjadi sambaran petir di dekat lokasi kita frekwensi listik akan terganggu ( disekitar lokasi ) .

Jalur didesain lebih besar dan kompak sehingga berbodi besar dan tambun, dan dilapisi bahan karet tipis sebagai pelindung frekwensi elektromagnetis ( ROHS ).

Sehingga nampak seakan akan 2 unit yang digabungkan menjadi satu.

Mahal ! Tidak ada pilihan lain bila merupakan kebutuhan yang mendesak dan penting. :)

Tulisan Terkait

The post Military Class Anti Petir appeared first on Penangkal Petir-Anti Petir.

]]>
http://www.antipetir.com/military-class-anti-petir/feed/ 0
NYY Sebagai Kabel Penyalur Petir http://www.antipetir.com/nyy-sebagai-kabel-penyalur-petir/ http://www.antipetir.com/nyy-sebagai-kabel-penyalur-petir/#comments Tue, 28 Jan 2014 08:12:43 +0000 http://www.antipetir.com/?p=3513 NYY Merupakan kabel penghantar tembaga dengan selubung PVC dua lapis (doble isolator), bila dipergunakan sebagai kabel penyalur petir dengan syarat besaran total dari inti kabel harus di atas 50 mm. Ciri utama untuk kabel ini sedikit kaku karena serabut tembaga (inti kabel) relatif besar berkisar 1 ~ 4 mm dengan jumlah beragam tergantung dari besaran […]

The post NYY Sebagai Kabel Penyalur Petir appeared first on Penangkal Petir-Anti Petir.

]]>
NYY Merupakan kabel penghantar tembaga dengan selubung PVC dua lapis (doble isolator), bila dipergunakan sebagai kabel penyalur petir dengan syarat besaran total dari inti kabel harus di atas 50 mm.

Ciri utama untuk kabel ini sedikit kaku karena serabut tembaga (inti kabel) relatif besar berkisar 1 ~ 4 mm dengan jumlah beragam tergantung dari besaran / luasan total penghantar kabel . Isolator ganda untuk menyelubungi inti kabel nya.

nyy kabel penyalur petir
Pada umumnya kabel ini biasa dipergunakan sebagai kabel instalasi listrik biasa , untuk instalasi listrik rumah keberadaan kabel NYY sudah menjadi kebutuhan utama. Sedangkan untuk kebutuhan penyalur petir kabel NYY berisolator ganda adalah bentuk tambahan atas kebutuhan minimal konduktornya ( 50 mm luasan minimal ).

SPESIFIKASI TEKNIS NYY vs COAXIAL

NYY COAXIAL
Tahanan penghantar konduktor inti: 0.251 Ohm/Km 0.505 Ohm/Km
Kemampuan membawa arus petir Kurang maks Baik
Kemampuan menahan tegangan (2 sec.) 3.5kV 20 kV
Kemampuan memproteksi Side Flashing Kurang Baik Baik

Mengapa NYY 70 mm2 disebut Kurang Baik untuk kabel menyalurkan petir?

Konstruksi Cu. Conductor pada NYY adalah terdiri dari kawat-kawat tembaga yang dipilin secara konsentris dengan konstruksi 1+6+12 ( bulat dalam pilinan / round stranded ). Pada konstruksi konduktor semacam itu seluruh luas penampangnya akan efektif dilalui arus listrik apabila frekwensinya listriknya s/d 50 Hz saja.

Frekwensi 50Hz tersebut hanya diberlakukan pada sistem supplay tenaga listrik melalui kabel. Dan memang, kabel jenis NYY 70 mm2 adalah kabel yang dirancang untuk penyalur tenaga listrik biasa.

Sementara itu, petir adalah arus listrik berkapasitas besar dengan frekwensi tinggi.
Seiring dengan semakin tingginya frekwensi arus listrik, akan terjadi ” efek kulit / skin effect ” yaitu arus listrik semakin menuju pinggir penampang konduktor.

Artinya,
Semakin tinggi frekwensi suatu arus listrik melalui penampang suatu konduktor, maka arus listrik akan semakin menuju kearah pinggir penampang konduktor, dan tentu semakin sedikit besaran luas penampang konduktor yang dilalui.
Oleh sebab itu bisa dikatakan bahwa pada NYY yang efektif dilalui arus petir hanya berkisar 20 s/d 30 % dari total luas penampang.

NYY hanya mampu menahan tegangan sesaat max. 3,5 kV? Karena isolasi kabel type NYY hanya terbuat dari bahan plastik PVC dan memiliki ketebalan yang dirancang untuk hanya mampu menahan tegangan 1kV terus menerus dan 3.5kV untuk tegangan sesaat ( 2 second ). Serta tidak dilengkapi dengan pelindung terhadap kemungkinan adanya fenomena loncatan arus listrik ( electrical shield )

Bisakah NYY digunakan untuk Kabel Penyalur Petir

Keberadaan doble isolator sangat menguntungkan untuk instalasi penyalur petir. Berfungsi sebagai pelindung agar arus petir tidak keluar jalur hantaran , walau belum seberapa memadai kemampuan isolatornya. Standart isolator dari kabel NYY adalah 1 KV per lapisan jadi dua lapisan bisa menahan sampai 2 KV. Tentu ini belum memadai secara total dari tegangan yang ditimbulkan petir.

Akan tetapi bila pemasangan kabel ini tepat maka akan bisa memberikan saluran kedap. Nilai resistansi dari grounding haruslah dibawah 5 Ohm . Menghindari jalur kabel penghantar berkelok kelok . Rapat dan kuat dalam penyambungan , Unit petir dengan kabel dan kabel dengan grounding.

Ada kalanya penambahan pipa pelindung juga bisa di tambahkan untuk menambah nilai estetika dari instalasi , akan bisa terlihat lurus dan kokoh.

Baku bentuk dari kabel penyalur petir tidaklah ada, pipih , bulat atau pipa semuanya bisa dipergunakan.
Titik tolak ada di besarnya penampang logam yakni 50 mm , akan tetapi bila menginginkan saluran petir yang kedap dari efek tembus haruslah dipilih kabel yang sudah mampu untuk menahan.

The post NYY Sebagai Kabel Penyalur Petir appeared first on Penangkal Petir-Anti Petir.

]]>
http://www.antipetir.com/nyy-sebagai-kabel-penyalur-petir/feed/ 0
SAMSUNG Anti Petir http://www.antipetir.com/samsung-anti-petir/ http://www.antipetir.com/samsung-anti-petir/#comments Thu, 23 Jan 2014 01:57:24 +0000 http://www.antipetir.com/?p=3752 Indonesia adalah negara tropis dengan kelembapan tinggi. Selain itu, sebagai negara yang berada di garis khatulistiwa, intensitas petir di Tanah Air cukup tinggi. Nah, ketika hujan turun disertai petir, biasanya orang langsung mematikan televisi lantaran khawatir terbakar. Atau, saat hujan, tegangan listrik menjadi tak stabil yang dapat merusak televisi. Gangguan itu semua dicoba diatasi oleh […]

The post SAMSUNG Anti Petir appeared first on Penangkal Petir-Anti Petir.

]]>
TV Samsung Anti Petir

TV Anti Petir

Indonesia adalah negara tropis dengan kelembapan tinggi. Selain itu, sebagai negara yang berada di garis khatulistiwa, intensitas petir di Tanah Air cukup tinggi.

Nah, ketika hujan turun disertai petir, biasanya orang langsung mematikan televisi lantaran khawatir terbakar. Atau, saat hujan, tegangan listrik menjadi tak stabil yang dapat merusak televisi.

Gangguan itu semua dicoba diatasi oleh Samsung melalui produk televisi terbarunya LED TV F4105 dan F5105. Samsung Anti Petir mengklaim televisi sarat inovasi ini cocok untuk Indonesia. Memiliki bentang layar 32 inci, perbedaan utama antara seri F4105 dan F5105 adalah pada resolusi layarnya. Sementara F4105 hanya high definition (HD), seri F5105 sudah Full HD.

Perbedaan terletak pada resolusi layar, selebihnya hampir sama,” kata Ubay Bayanudin, Product Marketing Manager Samsung TV PT SEIN, dalam peluncuran di Jakarta, Rabu, 22 Januari 2014.

Lantaran resolusi layar berbeda, harga tentu tak sama. Untuk F4105, Samsung melepas di harga Rp 3,5 juta. Adapun F5105 berlayar 32 inci sekitar Rp 4,5 juta dan yang 40 inci dihargai Rp 6,5 juta.

Televisi untuk kalangan menengah ini disertai lima fitur menarik, Samsung menyebutnya sebagai anti-petir, anti-lonjakan listrik, anti-bintik, anti-kelembapan, dan anti-repot.

Masyarakat Indonesia membutuhkan televisi yang tahan terhadap berbagai cuaca dan tahan lama,” kata Bernard Ang, Consumer Electronics Director Samsung Electronics Indonesia.

Untuk menangkal petir, Samsung membenamkan block capacitor pada televisi ini yang berfungsi untuk menstabilkan kekuatan arus listrik serta menyimpan energi elektro dalam medan listrik.

Block capacitor mampu meredam sambaran petir hingga 8.000 volt dalam waktu paling lama satu detik. » Setelah tersambar petir, block capacitor tak pelu diganti,” kata Ubay.

Guna menahan tegangan listrik naik atau turun, televisi ini dilengkapi dengan varistor yang dapat mengatur arus tegangan listrik. Arus listrik yang dapat diatur antara 100-270 volt.

Clean View merupakan teknologi baru Samsung, Fitur ini untuk mengurangi bintik pada televisi akibat sinyal siaran yang lemah. Anti-bintik membuat gambar menjadi lebih jernih.

Fitur menarik lainnya adalah anti-kelembapan. Berkat silica gel yang melekat pada komponen utama, masalah jamur dan karatan dapat dihindari. Toleransi terhadap suhu sekitar televisi adalah 60 derajat Celsius dan kelembapan hingga 90 persen.

Terakhir adalah anti-repot. Berkat adanya dua port USB, menyalin konten USB menjadi lebih mudah tanpa perlu komputer. Besar file yang dapat dipindahkan hingga 4 gigabita.

Perangkat Antipetir yang ditanamkan di televisi ini adalah jenis Surge Arrester Level 3 ( bahan MOV ) dengan tambahan Capacitor penstabil tegangan , bila mana anda ingin memiliki pengamanan perhadap bahaya petir seperti ini untuk semua perangkat elektronik yang ada di seluruh ruang / ALL IN bisa pula di dengan memasang Surge Arrester di saluran listrik bangunan.

Berita disadur dari TEMPO.CO

The post SAMSUNG Anti Petir appeared first on Penangkal Petir-Anti Petir.

]]>
http://www.antipetir.com/samsung-anti-petir/feed/ 0