Penangkal Petir-Anti Petir

Dewata Technoindo© menyediakan pemasangan Penangkal Petir NeoFLASH jenis Elektrostatik dan Arrester melayani instalasi se-Indonesia beserta kelengkapan material

Sambaran listrik dari atas awan menuju darat atau sebaliknya  biasa disebut dengan petir adalah fenomena ...

Petir tetaplah petir ...! Mungkin inilah istilah yang tepat untuk menggambarkan petir  jangan sampai mengangap remeh ...

Sebanyak 77 anggota Taruna Angkatan Udara cidera ringan, ini terjadi bukan karena perang yang sedang ...

PENANGKAL PETIR Elektrostatis NeoFLASH adalah unit penerima sambaran petir terbaru dan modern yang didesain untuk ...

News

Informasi Seputar Kilat dan Petir yang dihimpun dari media

Dua Remaja Tewas Disambar Petir Saat Berteduh di Gubuk Sawah

Posted by abah petir

sawah-petir

Dua remaja Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya, Jauhari (17) dan Syarifuddin (15) tewas dalam perjalanan ke puskesmas setelah disambar petir saat kawasan itu dilanda hujan lebat disertai guntur, Rabu (16/4/2014) pukul 18.00 WIB. Keduanya diyakini sedang berkomunikasi menggunakan telepon selular (HP) saat disambar halilintar.

Kedua korban berstatus siswa SMA dan berasal dari desa yang sama, Gampong Blang Masjid, Kecamatan Beutong, Nagan Raya. Kedua sahabat itu ditemukan dalam kondisi kritis dan badan menghitam disambar petir pada sebuah gubuk persawahan di kawasan itu. Tak jauh dari mereka ditemukan dua unit HP yang terlepas dari tangan kedua korban.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Serambi (Tribunnews.com Network) dari berbagai sumber dan aparat kepolisian, sebelum meninggal disambar petir, kedua korban baru saja membantu orang tuanya masing-masing menggarap sawah. Mereka istirahat dan berteduh ke gubuk di tengah sawah karena tiba-tiba turun hujan lebat disertai petir.

Saksi-saksi meyakini keduanya menggenggam HP sambil berkomunikasi dengan lawan bicaranya masing-masing justru pada saat bersamaan petir menyambar kawasan itu. Dari sekian kali petir, diyakini ada satu kali yang langsung menyambar mereka karena di genggaman masing-masing ada logam berbentuk HP yang sedang online.

Kedua siswa itu tergeletak di lantai gubuk dalam kondisi badan menghitam, Warga yang melihat korban kedua rubuh bersamaan langsung berusaha memberikan pertolongan. Keduanya dilarikan secepatnya ke Puskesmas Beutong di Ulee Jalan dengan harapan nyawanya bisa tertolong.

Tapi takdir berkata lain, Jauhari dan Syarifuddin mengembuskan napas terakhir justru masih dalam perjalanan menuju puskesmas. Saat diperiksa petugas medis di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Puskesmas Beutong, keduanya ternyata sudah tak lagi bernyawa.

Isak tangis keluarga kedua korban pun membahana karena tak menyangka kedua remaja tersebut pergi begitu cepat. Padahal mereka baru saja menolong orang tuanya menggarap sawah.
Hingga tadi malam jasad keduanya masih disemayamkan di kediaman orang tuanya masing-masing dan hingga pukul 19.30 WIB tadi malam belum dimakamkan.

Kapolres Nagan Raya, AKBP Gunawan Eko Susilo SIK melalui Kapolsek Beutong, Ipda Banta Amat yang dikonfirmasi Serambi tadi malam mengakui adanya insiden tersebut.
“Korban meninggal diduga kuat akibat disambar petir saat hujan lebat terjadi.

Saat kejadian mereka berada di gubuk tengah sawah dan masing-masing punya HP,” katanya sembari mengingatkan bahwa HP merupakan alat penghantar listrik (termasuk petir sebagai listrik alam). Maka sebaiknya jangan digunakan pada saat terjadi petir.

Ipda Banta Amat mengakui, kejadian itu membuat masyarakat sekitar geger.
“Jasad kedua korban hingga tadi malam masih disemayamkan di rumah masing-masing orang tuanya,” kata Kapolsek Beutong, Ipda Banta Amat. (edi) TRIBUNNEWS.COM, SUKA MAKMUE

Apa yang harus kita perbuat saat bagai petir menggila sedang posisi kita ada di tanah lapang dan terbuka.
Terus berjalan dan berhujan hujan ria atau Mencari tempat berteduh.

Kita harus paham bahwa petir akan condong menghantam tempat yang lebih tinggi dari daerah sekitar .

Petir memiliki sifat hantaran sebagaimana listrik , mengalir dengan mudah di konduktor logam dan bisa juga melalui media yang basah. . . . .baca selanjutnya »

SAMSUNG Anti Petir

Posted by abah petir

TV Samsung Anti Petir

TV Anti Petir

Indonesia adalah negara tropis dengan kelembapan tinggi. Selain itu, sebagai negara yang berada di garis khatulistiwa, intensitas petir di Tanah Air cukup tinggi.

Nah, ketika hujan turun disertai petir, biasanya orang langsung mematikan televisi lantaran khawatir terbakar. Atau, saat hujan, tegangan listrik menjadi tak stabil yang dapat merusak televisi.

Gangguan itu semua dicoba diatasi oleh Samsung melalui produk televisi terbarunya LED TV F4105 dan F5105. Samsung Anti Petir mengklaim televisi sarat inovasi ini cocok untuk Indonesia. Memiliki bentang layar 32 inci, perbedaan utama antara seri F4105 dan F5105 adalah pada resolusi layarnya. Sementara F4105 hanya high definition (HD), seri F5105 sudah Full HD.

Perbedaan terletak pada resolusi layar, selebihnya hampir sama,” kata Ubay Bayanudin, Product Marketing Manager Samsung TV PT SEIN, dalam peluncuran di Jakarta, Rabu, 22 Januari 2014.

Lantaran resolusi layar berbeda, harga tentu tak sama. Untuk F4105, Samsung melepas di harga Rp 3,5 juta. Adapun F5105 berlayar 32 inci sekitar Rp 4,5 juta dan yang 40 inci dihargai Rp 6,5 juta.

Televisi untuk kalangan menengah ini disertai lima fitur menarik, Samsung menyebutnya sebagai anti-petir, anti-lonjakan listrik, anti-bintik, anti-kelembapan, dan anti-repot.

Masyarakat Indonesia membutuhkan televisi yang tahan terhadap berbagai cuaca dan tahan lama,” kata Bernard Ang, Consumer Electronics Director Samsung Electronics Indonesia.

Untuk menangkal petir, Samsung membenamkan block capacitor pada televisi ini yang berfungsi untuk menstabilkan kekuatan arus listrik serta menyimpan energi elektro dalam medan listrik.

Block capacitor mampu meredam sambaran petir hingga 8.000 volt dalam waktu paling lama satu detik. » Setelah tersambar petir, block capacitor tak pelu diganti,” kata Ubay.

Guna menahan tegangan listrik naik atau turun, televisi ini dilengkapi dengan varistor yang dapat mengatur arus tegangan listrik. Arus listrik yang dapat diatur antara 100-270 volt.

Clean View merupakan teknologi baru Samsung, Fitur ini untuk mengurangi bintik pada televisi akibat sinyal siaran yang lemah. Anti-bintik membuat gambar menjadi lebih jernih.

Fitur menarik lainnya adalah anti-kelembapan. Berkat silica gel yang melekat pada komponen utama, masalah jamur dan karatan dapat dihindari. Toleransi terhadap suhu sekitar televisi adalah 60 derajat Celsius dan kelembapan hingga 90 persen.

Terakhir adalah anti-repot. Berkat adanya dua port USB, menyalin konten USB menjadi lebih mudah tanpa perlu komputer. Besar file yang dapat dipindahkan hingga 4 gigabita.

Perangkat Antipetir yang ditanamkan di televisi ini adalah jenis Surge Arrester Level 3 ( bahan MOV ) dengan tambahan Capacitor penstabil tegangan , bila mana anda ingin memiliki pengamanan perhadap bahaya petir seperti ini untuk semua perangkat elektronik yang ada di seluruh ruang / ALL IN bisa pula di dengan memasang Surge Arrester di saluran listrik bangunan.

Berita disadur dari TEMPO.CO

MEMANCING PETIR

Posted by abah petir

MEMANCING PETIR…. Bukan IKAN tapi PETIR

Kejadian Ini baru saja terjadi dan masih hangat menjadi pembicaraan masyarakat Setempat dimana salah seorang pengunjung obyek wisata di Wonorejo Rungkut Surabaya tewas tesambar petir .

Tidak ada yang tahu kronologis sebenarnya mengapa orang itu (sebut saja si fulan) tewas. Pada saat itu hari sabtu 8 juni 2013 hujan, angin disertai badai petir melanda kota surabaya dari berita yang saya dengar dan kumpulkan dan cerita dari orang orang bahwa sifulan bersama teman temannya mengadakan kegiatan outdor rutin setiap minggu yaitu memancing, arena pancing terletak di daerah kawasan ecowisata mangrove yang terletak di wonorejo rungkut surabaya.

Kawasan yang masih terdiri dari hutan mangrove, tambak dan tanah tanah kosong mungkin sedikit sekali rumah atau bangunan tinggi yang berdiri disana. Ketika para temannya asyik memancing, sifulan yang lagi memancing tersebut sedang menerima telp dari seseorang, dan tidak berapa lama Terdengar suara yang menggelegar…!!! petir menyambarnya dengan ledakan yang keras..

Sifulanpun jatuh Terkapar dan tewas seketika di tempat kejadian. dugaan sementara tewasnya akibat tersambar petir dengan beberapa bukti di temukan tanda hangus di sekitar badannya. hal ini memyebabkan rumor dan kasak kusuk bahwa semua akibat sinyal ponsel yang dia gunakan MEMANCING PETIR !!, rencana refreshing yang seharusnya menyenangkan berubah menjadi kepanikan dan kesedihan bukan Ikan Tapi Petir lah yang didapat. Meskipun tidak berapa lama petugas kepolisian dan ambulance datang untuk memberikan pertolongan pertama pada sifulan  tetapi sdh terlambat nyawa si fulan sdh tidak tertolong lagi.

PONSEL ADALAH JARINGAN NIRKABEL

Saat Petir berlangsung cara aman bagi sesorang yang berada di luar ruangan adalah mencari perlindungan yaitu masuk kedalam bangunan yang tertutup, gedung atau juga bisa masuk kedalam mobil, jangan menggunankan alat elektronik dan juga telp rumah yang tersambung dengan kabel karena arus petir bisa masuk melalui kabel.Lalu bagaimana dengan Hp ( Hand phone ) ??

memancing-petir

Sebagian orang meyakini bahwa sinyal hp dapat memancing petir , meskipun para peneliti baik dalam dan luar negeri menyatakan bahwa kemungkinan tersebut sangatlah langka dan kecil kemungkinan petir dapat mencelakai seseorang lewat sinyal hp. Ponsel adalah Jaringan nirkabel yang tidak tersambung oleh apapun untuk jalan petir masuk kecuali Singnal hp, frekwensi sinyal hp, itupun juga sangat rendah para penelitipun menyimpulkan bahwa handphone aman dari kemungkinan sambaran petir meskipun diruangan terbuka. dari data yang ada bahwa petir lebih banyak menyerang orang yang tidak menggunakan Hp dan kecil kemungkinannya menyambar melalui HP.

Mungkin Dugaan Yang bisa di toleransi adalah :

  • Bahwa bahan dari hp tersebut terbuat dari bahan yang menyebarkan ion negatif keatas dan diterima oleh petir sebagai Kutub positifnya, logam adalah penghantar listrik yang baik meskipun sifat petir yang lebih banyak jalur sambarannya di permukaan, tetapi logam tersebut ( didalam ponsel ) merupakan jalur listrik yang baik yang akan masuk kedalam tubuh.
  • Flash over yaitu pelindung tubuh alami dari sambaran petir yang dimiliki oleh manusia Terganggu akibat frekwensi atau signal hp sehingga petir dapat menyambar secara lansung pada tubuh manusia tersebut.

 

Akan tetapi itu hanyalah dugaan sementara yang bisa diragukan kebenarannya.

Penggunaan penangkal petir pada tempat tempat wisata seperti di lokasi hutan wisata mangrove tersebut atau tempat out dor sangatlah penting untuk setidaknya mengurangi resiko yang terjadi.

Sambaran Petir Di Tempat Yang Sama

Posted by abah petir

Menurut pengertian umum Petir dapat menyerang satu tempat sebanyak dua kali di tempat yang sama, tapi bagaimana jika menyerang di tempat yang sama sebanyak empat kali? LT. Jay Kircher mengatakan saat itu ia dan krunya sedang duduk di pusat operasi dan mereka mendengar suara retakan kemudian melihat empat kilatan cahaya turun dan membuat lubang seperti meteor tepat di tengah aspal dan memecah aspal menjadi puing-puing.

 

Aspal-Kena-Petir

“Saya ingat suara itu sangat berbeda, biasanya kita hanya mendengarnya. Anda hanya mendengar suara letusan dan mungkin sedikit gemuruh, tapi ini seperti sebuah trafo yang akan meledak,” jelas Kircher.

Penjaga Pantai AS memiliki pedoman yang ketat di sejumlah tempat sejauh cuaca buruk berjalan, dan semua pilot mereka telah menghabiskan banyak waktu untuk mempelajarinya, dan mereka mengatakan mereka tidak pernah melihat kejadian
seperti ini sebelumnya.

“Ini adalah kejadian yang sangat menarik dan kebanyakan dari kita belum pernah melihat sebelumnya,” kata Kircher. “Hal yang sangat menakjubkan adalah bahwa empat sambaran petir yang berbeda menghantam di tempat yang sama.”

Ini adalah bongkahan batu yang meledak keluar dari aspal dan tetap utuh setelah tersambar petir.

Pecahan-Aspal

Para pihak yang berwenang di sini mengatakan mereka tidak tahu mengapa petir menyambar lokasi ini bahkan lebih dari sekali.

“Hal yang paling mengejutkan lagi adalah bahwa petir menghantam permukaan datar dan bagian terendah di daerah tersebut..”

LT. Kircher mengatakan ini hanya salah satu peringatan mengapa Coast Guard memiliki kebijakan yang sangat ketat di tempat yang mempunyai cuaca buruk, tidak hanya di udara, tetapi juga di tanah.

Tidak ada yang korban dan tidak ada peralatan yang rusak dalam kejadian ini.