Penangkal Petir-Anti Petir

Dewata Technoindo© menyediakan pemasangan Penangkal Petir NeoFLASH jenis Elektrostatik dan Arrester melayani instalasi se-Indonesia beserta kelengkapan material

NYY Merupakan kabel penghantar tembaga dengan selubung PVC dua lapis (doble isolator), bila dipergunakan sebagai ...

Bahaya petir yang ganas terus berlangsung dan tak dapat diprediksi keberadaannya, salah satunya yang terjadi ...

Beberapa waktu yang lalu kita pernah membahas tentang bagaimana satelit mengorbit bumi untuk mendapatkan atau mendeteksi ...

Kekuatan petir sangat luar biasa tak ada yang mampu menahan kekuatan tersebut, penangkal petir hanya dapat ...

Accident

Sebuah kecelakaan yang diakibatkan oleh sambaran petir.

Dua Remaja Tewas Disambar Petir Saat Berteduh di Gubuk Sawah

Posted by abah petir

sawah-petir

Dua remaja Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya, Jauhari (17) dan Syarifuddin (15) tewas dalam perjalanan ke puskesmas setelah disambar petir saat kawasan itu dilanda hujan lebat disertai guntur, Rabu (16/4/2014) pukul 18.00 WIB. Keduanya diyakini sedang berkomunikasi menggunakan telepon selular (HP) saat disambar halilintar.

Kedua korban berstatus siswa SMA dan berasal dari desa yang sama, Gampong Blang Masjid, Kecamatan Beutong, Nagan Raya. Kedua sahabat itu ditemukan dalam kondisi kritis dan badan menghitam disambar petir pada sebuah gubuk persawahan di kawasan itu. Tak jauh dari mereka ditemukan dua unit HP yang terlepas dari tangan kedua korban.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Serambi (Tribunnews.com Network) dari berbagai sumber dan aparat kepolisian, sebelum meninggal disambar petir, kedua korban baru saja membantu orang tuanya masing-masing menggarap sawah. Mereka istirahat dan berteduh ke gubuk di tengah sawah karena tiba-tiba turun hujan lebat disertai petir.

Saksi-saksi meyakini keduanya menggenggam HP sambil berkomunikasi dengan lawan bicaranya masing-masing justru pada saat bersamaan petir menyambar kawasan itu. Dari sekian kali petir, diyakini ada satu kali yang langsung menyambar mereka karena di genggaman masing-masing ada logam berbentuk HP yang sedang online.

Kedua siswa itu tergeletak di lantai gubuk dalam kondisi badan menghitam, Warga yang melihat korban kedua rubuh bersamaan langsung berusaha memberikan pertolongan. Keduanya dilarikan secepatnya ke Puskesmas Beutong di Ulee Jalan dengan harapan nyawanya bisa tertolong.

Tapi takdir berkata lain, Jauhari dan Syarifuddin mengembuskan napas terakhir justru masih dalam perjalanan menuju puskesmas. Saat diperiksa petugas medis di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Puskesmas Beutong, keduanya ternyata sudah tak lagi bernyawa.

Isak tangis keluarga kedua korban pun membahana karena tak menyangka kedua remaja tersebut pergi begitu cepat. Padahal mereka baru saja menolong orang tuanya menggarap sawah.
Hingga tadi malam jasad keduanya masih disemayamkan di kediaman orang tuanya masing-masing dan hingga pukul 19.30 WIB tadi malam belum dimakamkan.

Kapolres Nagan Raya, AKBP Gunawan Eko Susilo SIK melalui Kapolsek Beutong, Ipda Banta Amat yang dikonfirmasi Serambi tadi malam mengakui adanya insiden tersebut.
“Korban meninggal diduga kuat akibat disambar petir saat hujan lebat terjadi.

Saat kejadian mereka berada di gubuk tengah sawah dan masing-masing punya HP,” katanya sembari mengingatkan bahwa HP merupakan alat penghantar listrik (termasuk petir sebagai listrik alam). Maka sebaiknya jangan digunakan pada saat terjadi petir.

Ipda Banta Amat mengakui, kejadian itu membuat masyarakat sekitar geger.
“Jasad kedua korban hingga tadi malam masih disemayamkan di rumah masing-masing orang tuanya,” kata Kapolsek Beutong, Ipda Banta Amat. (edi) TRIBUNNEWS.COM, SUKA MAKMUE

Apa yang harus kita perbuat saat bagai petir menggila sedang posisi kita ada di tanah lapang dan terbuka.
Terus berjalan dan berhujan hujan ria atau Mencari tempat berteduh.

Kita harus paham bahwa petir akan condong menghantam tempat yang lebih tinggi dari daerah sekitar .

Petir memiliki sifat hantaran sebagaimana listrik , mengalir dengan mudah di konduktor logam dan bisa juga melalui media yang basah. . . . .baca selanjutnya »

Sambaran Petir Di Tempat Yang Sama

Posted by abah petir

Menurut pengertian umum Petir dapat menyerang satu tempat sebanyak dua kali di tempat yang sama, tapi bagaimana jika menyerang di tempat yang sama sebanyak empat kali? LT. Jay Kircher mengatakan saat itu ia dan krunya sedang duduk di pusat operasi dan mereka mendengar suara retakan kemudian melihat empat kilatan cahaya turun dan membuat lubang seperti meteor tepat di tengah aspal dan memecah aspal menjadi puing-puing.

 

Aspal-Kena-Petir

“Saya ingat suara itu sangat berbeda, biasanya kita hanya mendengarnya. Anda hanya mendengar suara letusan dan mungkin sedikit gemuruh, tapi ini seperti sebuah trafo yang akan meledak,” jelas Kircher.

Penjaga Pantai AS memiliki pedoman yang ketat di sejumlah tempat sejauh cuaca buruk berjalan, dan semua pilot mereka telah menghabiskan banyak waktu untuk mempelajarinya, dan mereka mengatakan mereka tidak pernah melihat kejadian
seperti ini sebelumnya.

“Ini adalah kejadian yang sangat menarik dan kebanyakan dari kita belum pernah melihat sebelumnya,” kata Kircher. “Hal yang sangat menakjubkan adalah bahwa empat sambaran petir yang berbeda menghantam di tempat yang sama.”

Ini adalah bongkahan batu yang meledak keluar dari aspal dan tetap utuh setelah tersambar petir.

Pecahan-Aspal

Para pihak yang berwenang di sini mengatakan mereka tidak tahu mengapa petir menyambar lokasi ini bahkan lebih dari sekali.

“Hal yang paling mengejutkan lagi adalah bahwa petir menghantam permukaan datar dan bagian terendah di daerah tersebut..”

LT. Kircher mengatakan ini hanya salah satu peringatan mengapa Coast Guard memiliki kebijakan yang sangat ketat di tempat yang mempunyai cuaca buruk, tidak hanya di udara, tetapi juga di tanah.

Tidak ada yang korban dan tidak ada peralatan yang rusak dalam kejadian ini.

Halilintar dan Semerbak Asap Hitam Minyak Sawit

Posted by abah petir

Halilintar dan petir menyebabkan Kerugian kerugian material maupun korban jiwa sudah tidak dapat dihitung lagi berapa besarnya, bisa di akumulasikan kerugian tersebut mencapai milyaran dolar seluruh penjuru dunia oleh petir, di USA petir merupakan bagian dari penghabis anggaran negara, kerusakan merata mulai dari telekomunikasi, infrastruktur bahkan korban jiwa.

Penangkal petir gedung pencakar langit telah dipasang dimana mana untuk meminimalkan kerugian yang ada, akan tetapi intensitas petir yang tinggi seakan mengurangi fungsi penangkal petir itu sendiri.

halilintar sebabkan terbakarnya tanker

Baru baru saja juga terjadi sebuah ledakan yang begitu dasyat yaitu sebuah ledakan yang mengguncangkan Pulau Labuan laut China Selatan, bagaimana tidak sebuah kapal tangker milik negeri jiran Malaysia tepatnya perusahaan PETRONAS meledak secara explosif di terminal metanol.

Kapal dengan angkutan 38.000 ton minyak sawit tersebut meledak dengan keras sekali, tangker tersebut terbakar dengan hebat api menjilat diseluruh kapal mulai dari haluan sampai buritan hangus terbakar bisa dibilang hampir 85 persennya kapal hangus, asap semerbak mengepul hitam dari kapal tersebut dugaan keras kebakaran  tersebut dikarenakan halilintar atau petir yang menyambar tangker. Karena tepat saat kejadian badai hujan dan petir menghajar tempat tersebut, dikabarkan pula bahwa korban tewas akibat kejadian musibah itu adalah 3 orang dan 1 orang dinyatakan hilang.

Kapal-Tanker
Lautan luas adalah tempat srategis untuk petir menyambar , sebuah pendapat yang agak keliru bila dikatan kapal atau perahu tidak akan  tersambar petir memang  pada kenyataannya petir lebih sering menyerang daratan daripada lautan, dari sebuah sejarah perpetiran di ceritakan bahwa sebuah kapal expedisi , tepatnya sebuah kapal layar yang terbuat dari kayu berlayar di samudra atlantik dimana mereka berlayar selama lima minggu, apakah mereka tidak tahu akan sambaran petir yang mengancam?

Sebenarnya mereka tahu akan tetapi mereka menganggap sambaran petir tidak akan membuat kapal tersebut tenggelam meskipun kayu bukan penghantar arus petir seperti sekarang ini yang terbuat dari baja dan berfungsi juga sebagai penghantar arus seperti penangkal petir , selama pelayaran tersebut 2 kali memang petir menyambar dan hanya mengakibatkan pecahnya tiang tiang layar dikapal, puing dan serpihan dan pecahan kayu inilah yang  justru mecelakai para awaknya dari semua expedisi kapal kayu yang pernah berlayar tidak satupun pernah dikabarkan hilang akibat tersambar petir.

Resiko sambaran halilintar pada kapal laut yang di takutkan bukan mengenai kapalnya tetapi sambaran langsung yang akan mengenai para awak kapal itu menjadi perhatian yang serius untuk para pemilik kapal, meskipunpenangkal petir telah ditemukan ber abad abad silam akan tetapi penangkal petir yang pas untuk kapal masih belum di temukan untunglah pada saat sekarang ini kapal banyak yang terbuat dari baja dan besi .

Hal ini sangat di untungkan dimana bila petir mengenai salah satu badan kapal arus petir tersebut akan menyebar keseluruh badan kapal dan akhirnya hilang, apalagi lambung kapal yang menyentuh air laut juga akan menyebarkan arus listrik dari petir tersebut. tetapi sayang sekarang ini banyak sekali kapal kapal yang mengecat kapalnya khususnya lambung kapal ,hal tersebut dilakukan untuk mencegah pengeroposan atau korosif badan kapal, hal ini justru menyebabkan sedikit kerugian karena aliran petir akan terhambat untuk menyebarkan arus listrik. karena hambatan inilah yang mungkin menimbulkan induksi serta percikan api yang akhirnya memicu terjadinya kebakaran seperti pada kapal tangker minyak sawit di atas.

Banyak kapal sekarang ini telah dilengkapi dengan Dissipater sejenis alat penerima petir yang berbentuk seperti sikat terpasang pada tiang tiang pada kapal yang berfungsi sebagai penangkal petir tapi menurut sebuah sumber ternama bahwa hal tersebut kurang pas, karena  Konduktor haruslah kawat tembaga diameter minimum 6mm (1/4in) atau standart yang telah di lakukan.

Sambaran Petir dari langit di Lapangan Bola

Posted by abah petir

Waktu itu hari minggu dimana udara dingin menyelimuti di Houston kota wilayah Amerika Serikat. dinginnya angin yang menerpa tidak menghalangi wajah orang orang disana untuk tersenyum, akan ada pertandingan sepak bola yg akan berlangsung jam 12 siang waktu setempat kebetulan dihari weekend saat libur berkumpul dengan keluarga .

Ketika pertandingan telah dimulai beberapa saat kemudian hujan turun sontak saja  banyak penonton yang berlarian begitu juga dengan para pemain yang akhirnya dihentikannya sementara pertandingan tersebut.

Masing masing pemain mencari tempat berteduh dari hujan . ada yang masuk kamar ganti ada juga yang berteduh di tempat seadanya yakni di bawah pohon, hujan begitu deras disertai dengan kilatan halilintar dan tidak lama berselang sebuah sambaran dari langit berupa kilat menerpa pohon

Glarrr…

Tepat menghantam pohon yang dibawahnya bernaung para pemain, tak ayal lagi tubuh para pemain tersebut terhempas bergeletakan, satu orang tewas ditempat kejadian, dua orang dibawa ambulan menuju rumah sakit. Salah satunya tewas dalam perjalanan menuju rumah sakit, sedangkan satunya lagi dalam kondisi yang stabil. Nama dari korban tidak disebutkan secara umum oleh sheriff setempat.

Tanah lapang merupakan sasaran yang empuk untuk petir menyambar, kejadian serupa pernah pula terjadi di kawasan Arab – Timur Tengah ketika terjadi pertandingan sepak bola persahabatan ketika itu hujan turun dengan deras disertai petir yang menyambar nyambar hal itu tidak serta merta menghentikan pertandingan tersebut yang sedang berlansung sengit antara kedua kesebelasan , sedang asyik asyiknya memperebutkan bola , tiba tiba sebuah kilatan petir menyambar tepat ditengah kerumunan pemain , tak ayal lagi  beberapa orang terkapar roboh  bahkan sebagian besar dari kedua belah tim tersebut.

Inilah yang perlu diperhatikan perlunya pendidikan atau pengetahuan tentang petir. Untuk menghindari korban jiwa akibat sambaran petir mungkin perlu  adanya seminar tentang kewaspadaan dan mengetahui bagaimana perilaku petir.

Agar hal serupa tidak terjadi di perjalanan kehidupan anda, hindari berteduh di bawah pohon saat hujan apalagi hujan yang diikuti petir.

Sambaran petir atau vodoo??

Sambaran dari langit atau petir juga sering menimpa para pemain bola yang berada di negara afrika, bahkan pernah pula terjadi dengan menewaskan hampir 11 pemain ,dan yang paling aneh lagi yang menjadi korban adalah kesebelasan tim tamu sehingga menimbulkan tanda tanya besar dan banyak lagi perkiraan ataupun tuduhan miring terhadap tim tuan rumah yang tidak mengalami cedera apapun, ada yang berpendapat bahwa sambaran petir tersebut adalah hasil dari ilmu hitam atau vodoo tim tuan rumah.

Kembali ke-negara barat tepatnya di florida petir pernah juga menyengat seorang dari akademi sepak bola yang waktu itu sedang berlatih di fasilitas lapangan yang ada, waktu itu memang akan terjadi badai tetapi siswa tersebut bersi keras untuk berlatih sedangkan para siswa lainnya telah masuk kedalam gedung karena mereka telah di bekali pengetahuan tentang petir, dan juga karena  fasilitas gedung sekolah tidak dibekali oleh sensor petir maka cara yang aman adalah masuk kedalam gedung sekolah.

Menurut ahli cuaca setempat mengatakan bahwa Florida Barat adalah daerah yang beriklim tropis dimana kelembaban disana begitu tinggi untuk memicu terjadinya badai dan petir, sang ahli cuaca tersebut juga mengatakan bahwa petir bisa saja muncul atau menyerang kapan saja ketika pusat badai masih beberapa mil jauhnya, jangan pernah merasa aman  meskipun badai masih jauh ataupun telah lewat beberapa saat karena petir tetap mengintai keselamatan anda.

Sambaran Petir dilapangan