Penangkal Petir-Anti Petir

Dewata Technoindo© menyediakan pemasangan Penangkal Petir NeoFLASH jenis Elektrostatik dan Arrester melayani instalasi se-Indonesia beserta kelengkapan material

Sambaran listrik dari atas awan menuju darat atau sebaliknya  biasa disebut dengan petir adalah fenomena ...

Areal terbuka sangat riskan akan kemungkinan sambaran petir ,  Sambaran petir yang terjadi baik itu di ...

Menurut pengertian umum Petir dapat menyerang satu tempat sebanyak dua kali di tempat yang sama, tapi ...

Siapa bilang Petir tidak dapat menyambar ditempat yang sama berulang kali? Kejadian ini terbukti di Danau ...

Technology

Sebuah teknologi yang dapat memantau petir maupun untuk mengantisipasi dan pemanfaatan petir.

SAMSUNG Anti Petir

Posted by abah petir

TV Samsung Anti Petir

TV Anti Petir

Indonesia adalah negara tropis dengan kelembapan tinggi. Selain itu, sebagai negara yang berada di garis khatulistiwa, intensitas petir di Tanah Air cukup tinggi.

Nah, ketika hujan turun disertai petir, biasanya orang langsung mematikan televisi lantaran khawatir terbakar. Atau, saat hujan, tegangan listrik menjadi tak stabil yang dapat merusak televisi.

Gangguan itu semua dicoba diatasi oleh Samsung melalui produk televisi terbarunya LED TV F4105 dan F5105. Samsung Anti Petir mengklaim televisi sarat inovasi ini cocok untuk Indonesia. Memiliki bentang layar 32 inci, perbedaan utama antara seri F4105 dan F5105 adalah pada resolusi layarnya. Sementara F4105 hanya high definition (HD), seri F5105 sudah Full HD.

Perbedaan terletak pada resolusi layar, selebihnya hampir sama,” kata Ubay Bayanudin, Product Marketing Manager Samsung TV PT SEIN, dalam peluncuran di Jakarta, Rabu, 22 Januari 2014.

Lantaran resolusi layar berbeda, harga tentu tak sama. Untuk F4105, Samsung melepas di harga Rp 3,5 juta. Adapun F5105 berlayar 32 inci sekitar Rp 4,5 juta dan yang 40 inci dihargai Rp 6,5 juta.

Televisi untuk kalangan menengah ini disertai lima fitur menarik, Samsung menyebutnya sebagai anti-petir, anti-lonjakan listrik, anti-bintik, anti-kelembapan, dan anti-repot.

Masyarakat Indonesia membutuhkan televisi yang tahan terhadap berbagai cuaca dan tahan lama,” kata Bernard Ang, Consumer Electronics Director Samsung Electronics Indonesia.

Untuk menangkal petir, Samsung membenamkan block capacitor pada televisi ini yang berfungsi untuk menstabilkan kekuatan arus listrik serta menyimpan energi elektro dalam medan listrik.

Block capacitor mampu meredam sambaran petir hingga 8.000 volt dalam waktu paling lama satu detik. » Setelah tersambar petir, block capacitor tak pelu diganti,” kata Ubay.

Guna menahan tegangan listrik naik atau turun, televisi ini dilengkapi dengan varistor yang dapat mengatur arus tegangan listrik. Arus listrik yang dapat diatur antara 100-270 volt.

Clean View merupakan teknologi baru Samsung, Fitur ini untuk mengurangi bintik pada televisi akibat sinyal siaran yang lemah. Anti-bintik membuat gambar menjadi lebih jernih.

Fitur menarik lainnya adalah anti-kelembapan. Berkat silica gel yang melekat pada komponen utama, masalah jamur dan karatan dapat dihindari. Toleransi terhadap suhu sekitar televisi adalah 60 derajat Celsius dan kelembapan hingga 90 persen.

Terakhir adalah anti-repot. Berkat adanya dua port USB, menyalin konten USB menjadi lebih mudah tanpa perlu komputer. Besar file yang dapat dipindahkan hingga 4 gigabita.

Perangkat Antipetir yang ditanamkan di televisi ini adalah jenis Surge Arrester Level 3 ( bahan MOV ) dengan tambahan Capacitor penstabil tegangan , bila mana anda ingin memiliki pengamanan perhadap bahaya petir seperti ini untuk semua perangkat elektronik yang ada di seluruh ruang / ALL IN bisa pula di dengan memasang Surge Arrester di saluran listrik bangunan.

Berita disadur dari TEMPO.CO

MEMANCING PETIR

Posted by abah petir

MEMANCING PETIR…. Bukan IKAN tapi PETIR

Kejadian Ini baru saja terjadi dan masih hangat menjadi pembicaraan masyarakat Setempat dimana salah seorang pengunjung obyek wisata di Wonorejo Rungkut Surabaya tewas tesambar petir .

Tidak ada yang tahu kronologis sebenarnya mengapa orang itu (sebut saja si fulan) tewas. Pada saat itu hari sabtu 8 juni 2013 hujan, angin disertai badai petir melanda kota surabaya dari berita yang saya dengar dan kumpulkan dan cerita dari orang orang bahwa sifulan bersama teman temannya mengadakan kegiatan outdor rutin setiap minggu yaitu memancing, arena pancing terletak di daerah kawasan ecowisata mangrove yang terletak di wonorejo rungkut surabaya.

Kawasan yang masih terdiri dari hutan mangrove, tambak dan tanah tanah kosong mungkin sedikit sekali rumah atau bangunan tinggi yang berdiri disana. Ketika para temannya asyik memancing, sifulan yang lagi memancing tersebut sedang menerima telp dari seseorang, dan tidak berapa lama Terdengar suara yang menggelegar…!!! petir menyambarnya dengan ledakan yang keras..

Sifulanpun jatuh Terkapar dan tewas seketika di tempat kejadian. dugaan sementara tewasnya akibat tersambar petir dengan beberapa bukti di temukan tanda hangus di sekitar badannya. hal ini memyebabkan rumor dan kasak kusuk bahwa semua akibat sinyal ponsel yang dia gunakan MEMANCING PETIR !!, rencana refreshing yang seharusnya menyenangkan berubah menjadi kepanikan dan kesedihan bukan Ikan Tapi Petir lah yang didapat. Meskipun tidak berapa lama petugas kepolisian dan ambulance datang untuk memberikan pertolongan pertama pada sifulan  tetapi sdh terlambat nyawa si fulan sdh tidak tertolong lagi.

PONSEL ADALAH JARINGAN NIRKABEL

Saat Petir berlangsung cara aman bagi sesorang yang berada di luar ruangan adalah mencari perlindungan yaitu masuk kedalam bangunan yang tertutup, gedung atau juga bisa masuk kedalam mobil, jangan menggunankan alat elektronik dan juga telp rumah yang tersambung dengan kabel karena arus petir bisa masuk melalui kabel.Lalu bagaimana dengan Hp ( Hand phone ) ??

memancing-petir

Sebagian orang meyakini bahwa sinyal hp dapat memancing petir , meskipun para peneliti baik dalam dan luar negeri menyatakan bahwa kemungkinan tersebut sangatlah langka dan kecil kemungkinan petir dapat mencelakai seseorang lewat sinyal hp. Ponsel adalah Jaringan nirkabel yang tidak tersambung oleh apapun untuk jalan petir masuk kecuali Singnal hp, frekwensi sinyal hp, itupun juga sangat rendah para penelitipun menyimpulkan bahwa handphone aman dari kemungkinan sambaran petir meskipun diruangan terbuka. dari data yang ada bahwa petir lebih banyak menyerang orang yang tidak menggunakan Hp dan kecil kemungkinannya menyambar melalui HP.

Mungkin Dugaan Yang bisa di toleransi adalah :

  • Bahwa bahan dari hp tersebut terbuat dari bahan yang menyebarkan ion negatif keatas dan diterima oleh petir sebagai Kutub positifnya, logam adalah penghantar listrik yang baik meskipun sifat petir yang lebih banyak jalur sambarannya di permukaan, tetapi logam tersebut ( didalam ponsel ) merupakan jalur listrik yang baik yang akan masuk kedalam tubuh.
  • Flash over yaitu pelindung tubuh alami dari sambaran petir yang dimiliki oleh manusia Terganggu akibat frekwensi atau signal hp sehingga petir dapat menyambar secara lansung pada tubuh manusia tersebut.

 

Akan tetapi itu hanyalah dugaan sementara yang bisa diragukan kebenarannya.

Penggunaan penangkal petir pada tempat tempat wisata seperti di lokasi hutan wisata mangrove tersebut atau tempat out dor sangatlah penting untuk setidaknya mengurangi resiko yang terjadi.

Alat Peringatan Cuaca melawan Badai Petir

Posted by abah petir

Badai petir adalah kondisi cuaca yang terdiri dari angin kencang, hujan deras, keberadaan guntur, petir, serta hujan es. Tornado juga dapat terbentuk selama badai. Petir dapat terbentuk secara sendiri atau dalam bentuk kelompok. Badai petir atau kilat, seperti banyaknya gangguan cuaca, yang dikenal untuk menghancurkan properti, kehidupan, dan meninggalkan kerusakan tanah di belakangnya.

Alat-peringatan-cuaca-petir

Untuk mencegah lingkup kerusakan dan hilangnya nyawa, teknologi dan komunikasi manusia telah mengembangkan sebuah sistem untuk memprediksi dan kewaspadaan bagi masyarakat untuk gangguan cuaca yang akan datang.

Ada dua jenis peringatan cuaca untuk badai petir, alat pemantau petir dan alat peringatan badai petir. Kedua konsep tersebut memiliki tujuan yang sama, peringatan kepada publik digunakan dalam kasus yang berbeda dan kadang-kadang dengan melihat perbedaan wilayah.Boleh dibilang ini adalah alat peringatan cuaca melawan badai petir 

Alat pemantau petir adalah alat peringatan yang menginformasikan ke publik bahwa ada potensi badai datang ke wilayah tertentu. pemantau petir dapat ditampilkan atau ditayangkan (melalui media seperti televisi atau siaran radio) untuk jangka waktu yang panjang.

Lamanya waktu dapat lebih lama daripada peringatan badai karena badai petir (atau gangguan cuaca lainnya) hanya kemungkinan akan terjadi, melewati atau mengenai suatu daerah.akan tetapi alat peringatan ini juga harus didukung oleh terpasangnya penangkal petir pada setiap rumah yang ada.

Alat pemantau Badai petir dikeluarkan pada saat kondisi badai yang sangat aktif atau sangat mungkin terjadi. Indikator tertentu seperti angin datang pada 55-60 mil per jam (atau setara dengan 88-96 kilometer per jam) kemungkinan besar akan menghasilkan badai dan menyebabkan terjadinya badai yang bisa membuat aktifnya alat pemantau badai. Sebuah alat pemantau badai dapat mencakup wilayah geografis yang luas.

Sebagai perbandingan, alat peringatan terhadap badai adalah jenis yang lebih sensitif. Dalam hal ini, jenis pencegahan badai (atau gangguan cuaca lainnya) yang sudah terjadi dapat diprediksikan tempatnya lebih tepat, Kondisi untuk badai yang sudah terjadi di tempat dan ada bukti gerakan dari badai tersebut. Cuaca seperti radar, satelit, dan lain-lain dapat diwujudkan seperti gambar atau laju dari badai tertentu.

Berbeda dengan alat pemantau badai lainnya, alat peringatan badai petir hanya mencakup wilayah kecil. Alat Peringatan Badai juga terjadi dalam periode waktu yang lebih pendek dan lebih pasti.

Ringkasan:

  1. Alat pemantau badai dan alat peringatan badai yang dikeluarkan oleh berbagai stasiun cuaca dan program berita untuk menginformasikan dan memberikan rincian kepada publik tentang badai yang datang di suatu daerah. Prakiraan cuaca ini memungkinkan penduduk mempersiapkan segala sesuatunya untuk badai yang akan datang. Kadang-kadang juga sebagai panduan bagi penduduk untuk meninggalkan suatu daerah untuk menghindari bencana.
  2. Sebelum mengeluarkan sebuah Alat pemantau badai atau sebuah peringatan, ada pedoman tertentu untuk diamati.
  3. Sebuah alat pengamat badai dan peringatan badai adalah dua jenis yang berbeda peringatannya. Sebuah alat pegamat petir dikeluarkan pada kemungkinan badai sementara alat peringatan badai dikeluarkan ketika petir itu sendiri pasti terjadi dan dapat diamati.
  4. Sebuah alat pengamat badai terjadi dalam periode lebih panjang dibandingkan dengan alat peringatan badai. Dan juga, alat pengamat petir ditujukan untuk lingkup yang lebih besar dan lebih luas dibandingkan dengan peringatan badai yang lebih kecil dan spesifik sekitarnya.
  5. Alat pengamat Badai dikeluarkan awal atau sebelum badai terbentuk / terjadi sementara peringatan badai yang dikeluarkan sebelum badai benar-benar mengenai tanah atau permukaan bumi.
  6. Orang masih bisa melakukan aktivitas normal ketika alat pemantau badai dikeluarkan sementara orang disarankan untuk tinggal di tempat yang aman dengan rencana untuk persiapan meninggalkan suatu daerah ketika peringatan badai dikeluarkan. Diantara dikeluarkannya alat pemantau badai dan peringatan badai, beberapa berita memberikan saran kepada daerah agar tetap waspada jika terjadi badai petir.

Badai Petir dari Luar Angkasa

Posted by abah petir

Stasiun Luar Angkasa International AURORA BOREALIS merekam aktifitas Badai Petir dipermukaan bumi pada 14 November 2011

Kejadian ini menjadi berita yang sangat mengejutkan dan manajubkan di berbagai Negara…

badai-petir-di-angkasaKisah terbaru ini menegaskan kembali apa yang telah terjadi di Negara India yang telah dikenal selama berabad-abad bahwa bumi adalah magis, pikiran-meniup tempat jika dilihat dengan pasangan mata kanan, atau, dalam hal ini, dengan lensa yang tepat dari Stasiun Luar Angkasa Internasional .

Video ini adalah selang waktu urutan foto yang diambil oleh Ron Garan dan awak kapal Stasiun Luar Angkasa Internasional dari Agustus hingga Oktober tahun ini. Tidak ada jumlah efek yang dihasilkan komputer mungkin bisa cocok dengan heran dan sensasi gambar-gambar seluruhnya nyata.

Dalam video yang luar biasa, beberapa dari apa yang Anda akan menyaksikan termasuk Aurora Borealis melewati Pulau Penyu di malam hari, Aurora Australis lewat dari Madagaskar ke Southwest Australia, dan petir berdenyut di seluruh dunia.

Aurora Borealis telah lama dijelaskan oleh masyarakat adat. Orang Eskimo Sungai Yukon rendah di Alaska percaya aurora adalah “jiwa-jiwa menari hewan favorit mereka: Sayang, segel, salmon, dan paus beluga,” kata Asosiasi Kanada Kewirausahaan Aborigin di situsnya.

Dan petir telah lama menjadi bagian dari mitologi Indian Amerika. Thunderbird legendaris, yang kehadirannya dapat ditemukan dalam sejarah lisan dari banyak komunitas India Barat Laut Pasifik, serta muncul dalam tradisi dan cerita dari barat daya ke Great Plains ke suku-suku tenggara, adalah pembuat badai, guntur petir.

Dalam banyak cerita, sayap yang sangat besar yang menyebabkan guntur Thunderbird ketika mengalahkan mereka, dengan petir lembar berkedip dari mata saat berkedip, dan baut individu diciptakan oleh ular bersinar Thunderbird membawa sekitar dengan itu.

Cerita-cerita yang luar biasa indah menangkap keindahan alam yang mulia, dan bertanya-tanya, dari planet kita.

Kisah terbaru sekali lagi menegaskan kembali apa yang mereka di Negara India telah dikenal selama berabad-abad-ibu bumi adalah magis, pikiran-meniup tempat jika dilihat dengan pasangan mata kanan, atau, dalam hal ini, dengan lensa yang tepat dari Stasiun Luar Angkasa Internasional .

Video ini adalah selang waktu urutan foto yang diambil oleh Ron Garan dan awak kapal Stasiun Luar Angkasa Internasional dari Agustus hingga Oktober tahun ini. Tidak ada jumlah efek yang dihasilkan komputer mungkin bisa cocok dengan heran dan sensasi gambar-gambar seluruhnya nyata.

Dalam video yang luar biasa, beberapa dari apa yang Anda akan menyaksikan termasuk Aurora Borealis melewati Pulau Penyu di malam hari, Aurora Australis lewat dari Madagaskar ke Southwest Australia, dan petir berdenyut di seluruh dunia.

Aurora Borealis telah lama dijelaskan oleh masyarakat adat. Orang Eskimo Sungai Yukon rendah di Alaska percaya aurora adalah “jiwa-jiwa menari hewan favorit mereka: Sayang, segel, salmon, dan paus beluga,” kata Asosiasi Kanada Kewirausahaan Aborigin di situsnya.

Dan petir telah lama menjadi bagian dari mitologi Indian Amerika. Thunderbird legendaris, yang kehadirannya dapat ditemukan dalam sejarah lisan dari banyak komunitas India Barat Laut Pasifik, serta muncul dalam tradisi dan cerita dari barat daya ke Great Plains ke suku-suku tenggara, adalah pembuat badai, guntur dan petir.

Dalam banyak cerita, sayap yang sangat besar yang menyebabkan guntur Thunderbird ketika mengalahkan mereka, dengan petir lembar berkedip dari mata saat berkedip, dan baut individu diciptakan oleh ular bersinar Thunderbird membawa sekitar dengan itu.

Cerita-cerita yang luar biasa indah menangkap keindahan alam yang mulia, dan bertanya-tanya, dari planet kita.