Penangkal Petir-Anti Petir

Dewata Technoindo© menyediakan pemasangan Penangkal Petir NeoFLASH jenis Elektrostatik dan Arrester melayani instalasi se-Indonesia beserta kelengkapan material

Sambaran Petir bisa terjadi saat gunung berapi meletus atau mengalami eruption , sambaran petir terjadi ...

Perlukah Tiang Penangkal Petir ? Sebuah Penangkal Petir Elektrostatik tentu membutuhkan sebuah tiang penyangga , agar ...

Sambaran Petir Menewaskan di Purwakarta Jabar   Kapolres Purwakarta, AKBP Bahtiar Ujang Purnama, mengatakan peristiwa nahas ini ...

Petir memang tidak pandang bulu... Apa saja dan siapa saja  yang bisa mengantarkan listrik kedalam tanah ...

Penangkal Petir

Penangkal petir adalah peralatan yang sangat penting disebuah bangunan dan sudah menjadi kebutuhan utama saat ini .
Hal ini dikarenakan terjadi perubahan besar dalam sistem IT ( Multi Media ) di dekade ini ( seluruh hajat masuk didalam satu peralatan ) dengan perkembangan seperti ini tentu kehendak dari seluruh pemakai adalah ON terus walau hujan dan badai petir menghadang .
Iklim di Indonesia sangatlah ekstrim disaat musim penghujan , berubah dengan cepat dan sekonyang-konyong . Hujan lebat dan diikuti sambaran petir adalah pemandangan yang keseharian.
PenangkalPetir NeoFLASH menjawab tantangan

Serangan Fajar

Posted by abah petir

Serangan Fajar Badai Petir
Desingan peluru ledakan mortir yang memekakkan telinga, suara teriakan dan serine bersahut sahutan menambah ketegangan dalam dinginnya malam menjelang pagi itu
Api dan serpihan puing yang berserakan menyuguhkan pemandangan yang mengerikan,seorang kakek merayap terseok-seok karena kaki tuanya tertancap serpihan besi dari granat yang meledak.
Seorang anak kecil berjalan diantara mayat yang terkapar.. dengan sesekali menghirup ingus, sambil berteriak …bapak..bapak…!!
tragedi tersebut menyambut sang fajar yang menyingsing.

Kisah diatas mungkin kita pernah menonton film perjuangan yang wajib menjadi tontonan waktu itu
disamping mengupas tentang kepahlawanan tetapi juga ditayangkan dengan gratis dengan judul Serangan fajar karena peristiwa tersebut terjadi saat menjelang fajar.

Peristiwa serupa juga pernah saya alami meskipun dengan konteks yang berbeda, saat itu waktu menunjukkan jam 3.20 hujan turun tidak terlau deras tetapi disertai intensitas petir yang tinggi, rentetan petir sampai sampai berbunyi gemeretak saking kerasnya. Terhenyak sesaat tetapi tidak cukup menggangu tidur saya. selain merasa aman dari gangguan petir ( karena berada dalam ruangan tertutup dan kasur yang empuk ) tetapi juga merasa yakin karena penangkal petir telah melindungi bangunan rumah saya.
inilah petaka…. tiba tiba saja listrik padam di ikuti asap mengepul tipis yang lambat laun semakin menebal sesekali terlihat percikan api dari arah luar, tercium bau plastik terbakar.
Serangan fajar….!! panik , gugup dan ketakutan sempat menggelayuti pikiran saya , mungkin ini juga yang dirasakan para pejuang saat itu..

Induksi Petir yang Menghanguskan

Keesokan harinya coba saya analisa apa yang terjadi sebenarnya tadi itu, tampak pada panel listrik rumah tanda tanda terbakar hangus, leleh pada bagian pcb nya.
Untung saja tidak terjadi hal serupa pada perabot elektronik saya, kesimpulan pertama yang dapat saya ambil bahwa konsleting listrik adalah penyebab pertama, dan yang kedua adalah petir , petir menjadi tersangka kedua karena saya berkeyakinan bahwa petir tidak dapat melompat begitu saja tanpa melaui jalur yang disenanginya yaitu kabel penangkal petir.setelah memanggil layanan PLN saya di dapat penjelas bahwa tidak ada yang ganjil pada perangkat pln semuanya masih baru, tetapi petir adalah kemungkinan penyebabnya, karena petir bukan hanya menyerang dengan kekuatan besar saja atau yang terlihat kasat mata tetapi juga dapat menyerang dengan sembunyi sembunyai atau dengan nama lainnya induksi petir yaitu sambaran secara tidak langsung, kalau bisa di misalkan sebuah tetesan hujan yang jatuh pada sebuah mangkok berisi air akan memnyebabkan gelombang di sekitar pusat tetesan nah itulah yang mungkin juga terjadi pada petir dan induksinya inilah yang disebut dengan SERANGAN FAJAR. . . . .baca selanjutnya »

Fenomena Petir sangat dasyat perlukah Penangkal Petir

Posted by abah petir

Penangkal petir adalah peralatan yang sangat penting disebuah bangunan bukan lagi menjadi barang pelengkap tapi sudah menjadi kebutuhan utama di sebuah gedung negeri ini,  sebab Letak geografis negara kita berada di penangkal petirkisaran garis katulistiwa, menjadikan indonesia sebagai kawasan yang banyak  terjadi sambaran petir. untuk itulah beberapa proteksi perlindungan diciptakan salahsatunya adalah penangkal petir, di pasang sebagai pelindung bagi bangunan supaya tidak mengalami kerusakan bila terkena sambaran petir bisa secara baik menyalurkan kedalam tanah atau bumi .

Fenomena petir terjadi di sepanjang tahun bergilir dari wilayah kewilayah lainnya di Indonesia ,bahkan di beberapa daerah, hujan disertai petir hampir setiap hari terjadi. Peristiwa badai dan sambaran petir sering di jumpai saat memasuki musim penghujan, dan kembali tinggi intensitasnya dipenghujung musim hujan. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah faktor kelembaban udara yang tinggi.

Nusantara raya ini merupakan negara kepulauan dimana lautan lebih luas dari daratannya, debit air yang tinggi akibat curah hujan yang lebat inilah penyebab melimpahnya awan sebagai hasil dari penguapan, Hembusan angin yang terus menerus menghasilkan gesekan antar awan , dan juga teriknya sinar matahari memberikan beda suhu antara darat dan awan sehingga menimbulkan banyak terbentuknya Uap air. Jadi keberadaan faktor ini menjadi pemicu utama terjadinya petir, Jadi proses terjadinya Petir adalah pemisahan secara paksa muatan listrik positif dan negatif  pada partikel air saat penguapan .

Akumulasi berbagai faktor tersebut menjadikan negeri kita ini sebagai kawasan dengan curah petir terbesar di Dunia. oleh sebab itu perlu tindakan kewaspadaan terhadap bahaya petir salah satunya dengan mengunakan penangkal petir. Bahaya petir adalah bahaya yang disebabkan oleh sambaran petir baik itu secara langsung maupun tidak langsung yang berdampak kerusakan pada gedung, perangkat elektronik sampai pada jatuhnya korban jiwa

Sambaran Petir sering  mendapatkan perlambang buruk dimasyarakat, seperti halnya tanda kemurkaan ataupun bencana dari langit, tidak sedikit pula masyarakat yang  mengkaitkan dengan peristiwa ghaib yang mengerikan……….. Benarkah Demikian ? ternyata pandangan gaib tentang petir ini juga terikat kuat pada orang orang di penjuru dunia nampak pada cerita cerita dan mitos dimasyarakat setempat tentang legenda petir yang ada

Pemahaman umum seperti ini tidak lain karena faktor-faktor yang disebabkan oleh Petir itu sendiri yang mempunyai sifat destruction atau menghancurkan apa-apa yang di sambarnya. Petir juga masih belum bisa di tentukan jenis dan terbentuknya hingga kini masih menjadi perdebatan para ahli.. akan tetapi bila kita cermati bukan karena sifat petir yang merusak, petir hanya mencoba mencari jalan menuju bumi atau kekutub negatif, tetapi karena kekuatan besar yang di simpannya sehingga  apa apa yang di laluinya tidak mampu menahan tenaga besar tersebut dan akibatnya hancur dan terbakar.

misal , kematian seseorang tersambar petir ketika di sawah ataupun tanah lapang , kebakaran hutan dan pepohonan ataupun suara gemuruhnya yang memekakkan telinga.

dan juga proses terjadinya bahwa petir terjadi begitu tiba-tiba tanpa bisa diprediksi saat dan tempat sambarannya ,bahkan dari beberapa sumber juga di sebutkan bahwa sambaran petir dapat menyambar sejauh lima kil0meter dari pusat badai meskipun jarang terjadi tetapi patut kita waspadai.

hal inilah sebenarnya membuat ciut nyali dan Gentar hati Kita semua

Suara Glegar Petir

Suara yang sangat keras menggelegar dan membahana dari petir ditimbulkan dari loncatan aliran listrik berdaya besar yang membakar udara di sekitar aliran sambaran . arah sambaran bisa terjadi di Awan dengan Awan atau Awan dengan Bumi.itu bisa kita lihat ketika kilatan petir yang tampak menjalar secara horizontal dan vertikal,bahkan dari penelitian lain disebutkan bahwa kilatan bisa terjadi jauh diatas atsmosfir dan dengan beberapa sebab.

Peristiwa  petir dan guntur biasanya diikuti dengan hujan. Bila peristiwa ini diikuti dengan angin kencang dinamakan “Badai Petir” tetapi banyak juga yg mengartikan badai petir adalah petir yang datangnya secara bertubi tubi dan dengan itensitas yang tinggi.

Meskipun Badai Petir dapat menimbulkan bahaya tetapi juga mempunyai banyak manfaat. apa saja manfaat yang di hasilkan ??

sebelum kita membahas manfaat petir atau badai petir alangkah baiknya kalau kita mengetahui proses terjadinya terlebih dahulu

PROSES TERJADINYA PETIR

Petir adalah proses perpindahan elektron (sebagaimana listrik) dengan media udara, mengalir dari awan ke awan atau awan ke bumi, aliran elektron ini disebabkan beda potensial listrik yang terkandung di awan.

Terkumpulnya elektron diawan disebabkan karena awan bergerak terus menerus mengikuti hembusan angin dan bergesekan satu dengan yang lainnya pada akhirnya muatan listrik memisah (-) negatif dan (+) Positif , bila Negatif (elektron) disisi bawah maka (+) positif di sisi atas atau sebaliknya.

Bila beda potensial cukup besar sekitar 1.000.000 volt per meter maka akan mengalir ke bagian yang terdekat , bisa awan itu sendiri , antar awan atau ke bumi.

Sambaran petir ketika mengenai sebuah obyek di bumi dengan proses yang sangat cepat, hanya terjadi kurang dari 1 detik dan langsung disambut sambaran balasan dari bumi dengan arah berlawanan (keawan). sambaran balasan ini tidak mudah untuk mengetahuinya dan melihatnya , karena sedemikian cepat dan menyilaukan. proses saling balas ini adalah proses pertukaran muatan listrik yg berlawanan kutub. dan proses selanjutnya adalah penyerapan / penyaluran seluruh energi awan ke titik yg disambar tadi dan di netralkan di bumi pada penerapan instalasi penangkal petir hal ini di sebut dengan grounding system.

Pada proses pelepasan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara/awan . disaat elektron bisa menembus ambang batas isolasi udara maka terjadilah loncatan bunga api dan ledakan suara.

Suara gemuruh kencang itu terjadi karena saat udara dilewati arus petir, terjadi pemanasan dan pemuaian udara dengan sangat cepat sehingga udara menghentak dan meledak menghasilkan suara yang menggelegar. Sebenarnya proses terbentuknya suara ini terjadi bersamaan dengan saat terjadi kilatan petir yang menyilaukan walaupun dengan kasat mata ada tenggang waktu, tidak lain karena cahaya merambat lebih cepat dari suara.Banyak jenis petir ada yang dari awan kedarat ada juga antar awan dengan awan bahkan bisa terjadi jauh diatas lapisan atsmosfir bumi kita , sehingga  tidak semua petir menimbulkan suara atau terdengar oleh kita disebabkan letaknya yang jauh dimana kita hanya bisa melihat kilatannya saja tanpa terdengar suara ledakannya.

Mengapa Petir sering terjadi di musim hujan

Karena di musim hujan kandungan air pada udara lebih tinggi dan daya nilai isolasinya turun maka arus listrik lebih mudah mengalir, adanya penguapan air yang besar sehingga banyak pula awan yang terbentuk . Karena ada awan bermuatan negatif dan awan bermuatan positif, maka sambaran petir juga bisa terjadi antar awan sebagai bentuk keseimbangan elektron. Nah, proses pembuangan elektron inilah yang menyebabkan perpindahan arus listrik yang biasa kita lihat sebagai kilatan cahaya di musim hujan meskipun kadang kita jumpai juga di musim Kemarau. petir bukan hanya yang sering kita jumpai saat ini , bahwa bentuk dan jenis petir menurut para ahli dapat di bagi sesuai dengan jenis  dan letak terjadinya.

Apa yang terjadi apabila sebuah obyek tersambar bila tanpa Penangkal Petir

Apabila sambaran petir mengenai sebuah obyek yang tak terlindungi dengan PENANGKAL PETIR, pohon misalnya maka yang terjadi adalah arus listrik dari petir akan membakar dan menguapkan kandungan air pada pohon tersebut , proses pengeringan ini terus berlanjut sampai energi petir  habis . habisnya energi petir terjadi bila ujung lidah petir mengenai tanah , efek bagi pohon bisa berbagai kemungkinan pertama setelah sambaran petir pohon seakan tidak mengalami sesuatu apapun akan tetapi keesokan hari mulai terlihat efeknya yakni daun-daun kering berguguran dan  kemungkinan besar Mati . kedua setelah sambaran petir pohon langsung terbakar dan mati . dan tidak bisa terbayang apabila mengenai tubuh manusia karena menurut penelitian dalam setiap sambaran membawa sekitar 30.000 amp , memiliki 100 juta volt potensial listrik, jangankan tubuh manusia yang lunak, energi petir ini dapat melelehkan 1 ton baja dalam sekali sambaran.

Penangkal Petir berguna menghindari efek kerusakan yang disebab kan sambaran petir

Agar sebuah obyek terhindar dari kerusakan fatal maka perlu kiranya diberikan saluran dari sambaran petir, yakni memasang rangkaian jalur logam yang menghubungkan sisi yang dimungkinkan disambar petir ke bumi dengan cukup besar penampangnya. atau istilah umumnya Penyalur Petir atau Penangkal Petir 

Manfaat dan Pemanfaatan Petir Untuk kehidupan manusia

Diatas telah kita jabarkan tentang terjadinya petir tetapi bagaimana dengan manfaat petir ?? Pemanfaatan sumber energi yang luar biasa dari setiap sambaran petir belumlah bisa di pecahkan oleh para ilmuwan sampai dengan saat ini,beberapa penelitian hanya sedikit saja menjabarkan keuntungan dan manfaat petir yaitu ketika terjadi proses ionisasi maka juga terbentuk atau di hasilkan zat nitrat oksida atau istilah lainnya adalah nitrogen monoksida dimana molekul ini dalam ilmu kedokteran sangat penting untuk sirkulasi darah begitu pula dengan kesuburan tanaman. akan tetapi penelitian yang lebih penting telah dimulai, embrio penelitian sudah dimulai oleh para ilmuan dari salah satu universitas negeri Samba -Brasil. Walau baru embrio penelitian tetapi sudah menjadi tonggak yang sangat luarbiasa dalam penelitian pemanfaatan petir dan pengembangan jenis penangkal petir dimasa datang.

 

Mekanisme Kerja Penangkal Petir Neoflash

Posted by abah petir

Cara kerja penangkal petir elektrostatik berbeda dengan jenis Penangkal Petir Konvensional , untuk sistem penangkal petir konvensional bersifat menunggu kedatangan kilat atau bersifat pasif dan mempunyai area perlindungan yang kecil ( untuk konvensional ), sedangkan Elektrostatik akan aktif dan memiliki area perlindungan yang besar.

Secara garis besar mekanisme kerja ke dua sistem ini mirip yakni bila terkena sambaran petir pada ujung finial / runcing  kemudian menyalurkannya ke bumi tetapi berbeda di pemanfaatan energi yang di timbulkan oleh awan hujan / petir.

Sedangkan untuk sistem kerja Penangkal Petir Elektrostatik bersifat aktif, bekerja yakni mulai aktif bekerja diawal proses sambaran petir , ditandai dengan suara guruh dan kilat petir saat inilah penangkal petir modern Neoflash mulai aktif bekerja.” Mekanisme kerja Penangkal Petir Neoflash  yakni dengan memanfaatkan energi awan yang melintas. Hingga elektroda yang terpasang pada peralatan akan menyerap dan menyimpan energi ke kapasitor.
Kemudian di olah dan dimanfaatkan sebagai pemicu pelepasan energi”

Disaat mendung melintas di atas bangunan yang dilindungi penangkal petir Neoflash®. Elektroda yang terpasang di dalam peralatan akan mengumpulkan dan menyimpan energi dari awan yang bermuatan listrik ke dalam kapasitor yang mampu diisi ulang (Re Load).
Setelah cukup besar baru kemudian dikirim ke unit ION GENERATOR. Disaat banyak energi petir di atmosfer maka awan menginduksi unit ION GENERATOR .
Informasi ini di olah dalam unit Ion Generator untuk di manfaatkan sebagai pemicu pelepasan energi .
Akibat dari pelepasan energi yang menghentak ini akan menghasilkan ionisasi berbentu lidah api penuntun ke udara (Streamer Leader) melalui Batang Utama penangkal petir Neoflash, lidah api penuntun inilah yang kemudian di sambut oleh petir. Sambutan sambaran petir akan meniti dari jalur bekas streamer yang terjadi sebelumnya , mengikuti sampai ke unit terminal neoflash yang terpasang .
Dengan demikian sambaran petir dapat diamankan menuju satu titik sambaran yang kemudian disalurkan melalui kabel penghantar menuju grounding.

Terminal Unit Terlindungi/penangkal petir

  • Kerja Simultan

penangkal petir Terminal udara Neoflash® terdiri dari beberapa unit kerja sesuai dengan jenis & model. Tujuan dari sistem ini bahwa bila satu unit bagian bekerja maka ada sebagian unit lain yang menjadi cadangan dan antara unit satu dengan lainnya bekerja secara bergantian. Ada yang melepaskan energi sementara yang lain mengisi ulang energi awan atau mereload, jadi terbentuk cara kerja yg berkesinambungan tanpa ada jeda

  • Perangkat Terlindungi

Peralatan tersebut telah dilengkapi dengan perlindungan yang kokoh terhadap bahaya sambaran . Sehingga mampu melindungi bagian yang sensitif pada elektroniknya. Sifat dari sambaran petir adalah memiliki kemampuan impact yang sangat kuat bila mengenai sebuat struktur yang lemah akan mudah hancur.

  • Perlindungan Isolator

Instalasi terpisah dari bangunan. Penangkal petir neoflash® ini dilengkapi dengan isolator dan tidak terhubung dengan struktur bangunan. Setelah petir ditangkap atau diterima oleh terminal udara kemudian disalurkan ke bawah melalui konduktor tanpa tersambung dengan bangunan, sehingga akan lebih aman. Walau demikian ada beberapa teknis pengamanan petir yang di kembangkan dengan menggabungkan truktur sebagai penyalur petir atau penguat dari kabel yang di pasang dengan istilah Netral Struktur , bila teknik ini yang anda gunakan maka menggunakan kabel telanjang ( bare cooper ) .

Filosofi Kerja Penangkal Petir NeoFLASH ®

Filosofi Kerja Penangkal Petir NeoFLASH adalah : Kerja Lebih Awal – Peralatan tersebut akan beroperasi lebih awal dari instrumen lain karena sistem pengumpulan energi secara bergantian.
Produksi Ion – Ion Generator dalam alat ini memiliki kapasitas besar untuk mengumpulkan dan memperbanyak ion dari awan listrik dan medan listrik.
Pembentukan ion dalam sistem impul – Penangkal petir neoflash ® akan melepaskan ion dalam bentuk impuls.

Seri Model Penangkal Petir Neoflash ®

Posted by abah petir

Ada 4 Seri Model Penangkal Petir elektrostatis / modern Neoflash ® jenis bervariasi menurut unit kerja di dalamnya. sistem penangkal petir modern adalah memanfaatkan energi awan ( elektric field / ef ) dengan menghimpun induksi yang ditimbulkan awan . energi inilah yang dimanfaatkan untuk menambah muatan di ujung finial dari unit penangkal petir.

Spesifikasi penangkal petir NeoFLASH Tz.03®
actual radius 87 mtr
non Radioactif
Spesifikasi penangkal petir NeoFLASH Tz.04®
actual radius 100 mtr
non Radioactif
Spesifikasi penangkal petir NeoFLASH Tz.05®
actual radius 125 mtr
non Radioactif
Spesifikasi penangkal petir NeoFLASH Tz.06®
actual radius 156 mtr
non Radioactif

Sebagaimana Penangkal Petir Neoflash ® TZ. 03 memiliki 3 bagian unit kerja dan Neoflash® TZ. 06 memiliki 6 bagian unit kerja.

Perangkat Penangkal Petir NeoFLASH ®

Perangkat penangkal petir neoflash

Batang Utama , perangkat penangkal petir utama yang berbentuk Ujung runcing terletak di posisi tengah terbuat dari logam yang berfungsi sebagai penerima sambaran petir langsung. Batang runcing ini memiliki kemampuan untuk menerima sambaran petir hingga 300 KA.

Elektroda, Perangkat ini memainkan peran penting dalam mengumpulkan cadangan energi dari luar yakni energi awan dan energi inilah yang dimanfaatkan untuk membangkitkan Early Streamer Emission.

Bagian ini terdiri dari 2 mengumpulkan sistem, Keping Bebas yang pertama-tama menerima dan mengumpulkan energi dengan menggunakan Sistem induksi serta sensor dan yang kedua menggunakan karbon inti mengumpulkan energi dari induksi awan.

Ion Generator, Terdiri dari unit energi kapasitor, ion pembangkit, sensor petir . Ion Generator adalah perangkat kunci penangkal petir neoflash ini.

Edge Shooter. Bagian ini adalah konduktor di sisi atas untuk menembak ion. Berbentuk batang batang runcing dengan pola model kerja Sparking Plug sebagaimana kerja Busi motor.

7 Keutamaan Penangkal Petir NeoFLASH ®

Keunggulan Penangkal Petir Elektrostatik Neoflash dibanding dengan penangkal petir yang lain : -Seri Model Spesifik -Mudah Pemasangan -Area Perlindungan Besar -Unit Terminal yang kokoh -Bebas Perawatan -Lebih Estetik -Ekonomis , penangkal petir ini mengadopsi 2 system sebelumnya yaitu Konvensional Faraday dan Radioaktif , hanya penangkal petir Elektrostatik Neoflash ini memanfaatkan energi awan.

Sedangkan Penangkal Petir Radio Aktif merupakan sejenis zat aktif yang di gunakan sebagai penetralisir muatan listrik pada awan yang akan menghasilkan petir , penangkal petir jenis radioaktif telah dilarang keberadaannya , disinyalir berdampak negatif pada kehidupan.

    1. Seri Model Spesifik
    2. Memiliki 4 (empat) tipe yang dibedakan berdasarkan kemampuan radius perlindungannya

      NeoFlash.Tz.03 NeoFlash.Tz.04 NeoFlash.Tz.05 NeoFlash.Tz.06
      penangkalpetir-neoflash03 penangkalpetir-neoflash04 penangkalpetir-neoflash05 penangkalpetir-neoflash06
    3. Mudah Pemasangan
    4. Teknis pemasangan dirancang mudah dan praktis dalam penginstalan “Plug and Ready”

    5. Area Perlindungan Besar
    6. Radius yang bisa dihasilkan oleh unit head terminal penerima petir neoflash beragam dari masing-masing tipe sebagai contoh :

      • Tipe Neoflash TZ.03 Radius ideal pemasangan 87 mtr akan menghasilkan perlindungan seluas 2,37 Ha berbentuk lingkaran.
      • Tipe Neoflash TZ.06 Radius ideal pemasangan 156 mtr akan menghasilkan perlindungan seluas 7,6 Ha berbentuk lingkaran.
    7. Unit Terminal yang kokoh
    8. Bebas Perawatan
    9. Lebih Estetik 
    10. keindahan merupakan hal utama dalam sebuah kontruksi bangunan jadi dengan pemasangan penangkal petir elektrostatik Neoflash maka cukup memasang satu titik pengamanan untuk mengamankan areal sekitarnya.

    11. Ekonomis
    12. Pertimbangan pemasangan penyalur petir yang murah dan ekonomis menjadi hal yang utama didalam perencanaan sebuah bangunan, untuk biaya pemasangan penangkal petir elektrostatik akan jauh lebih murah dibandingkan pemasangan penangkal petir konvensional bila pemasangan tersebut dipergunakan untuk bangunan-bangunan besar dan luas.

penangkalpetir-modern