Penangkal Petir-Anti Petir

Dewata Technoindo© menyediakan pemasangan Penangkal Petir NeoFLASH jenis Elektrostatik dan Arrester melayani instalasi se-Indonesia beserta kelengkapan material

Kekuatan petir sangat luar biasa tak ada yang mampu menahan kekuatan tersebut, penangkal petir hanya dapat ...

Waktu itu hari minggu dimana udara dingin menyelimuti di Houston kota wilayah Amerika Serikat. dinginnya ...

Badai petir adalah kondisi cuaca yang terdiri dari angin kencang, hujan deras, keberadaan guntur, petir, ...

Areal terbuka sangat riskan akan kemungkinan sambaran petir ,  Sambaran petir yang terjadi baik itu di ...

Produk

Berbagai produk alat penangkal petir beserta komponen kelengkapan tersedia dan kesiapan perusahaan kami menginstalnya

NYY Sebagai Kabel Penyalur Petir

Posted by abah petir

NYY Merupakan kabel penghantar tembaga dengan selubung PVC dua lapis (doble isolator), bila dipergunakan sebagai kabel penyalur petir dengan syarat besaran total dari inti kabel harus di atas 50 mm.

Ciri utama untuk kabel ini sedikit kaku karena serabut tembaga (inti kabel) relatif besar berkisar 1 ~ 4 mm dengan jumlah beragam tergantung dari besaran / luasan total penghantar kabel . Isolator ganda untuk menyelubungi inti kabel nya.

nyy kabel penyalur petir
Pada umumnya kabel ini biasa dipergunakan sebagai kabel instalasi listrik biasa , untuk instalasi listrik rumah keberadaan kabel NYY sudah menjadi kebutuhan utama. Sedangkan untuk kebutuhan penyalur petir kabel NYY berisolator ganda adalah bentuk tambahan atas kebutuhan minimal konduktornya ( 50 mm luasan minimal ).

SPESIFIKASI TEKNIS NYY vs COAXIAL

NYY COAXIAL
Tahanan penghantar konduktor inti: 0.251 Ohm/Km 0.505 Ohm/Km
Kemampuan membawa arus petir Kurang maks Baik
Kemampuan menahan tegangan (2 sec.) 3.5kV 20 kV
Kemampuan memproteksi Side Flashing Kurang Baik Baik

Mengapa NYY 70 mm2 disebut Kurang Baik untuk kabel menyalurkan petir? . . . .baca selanjutnya »

Penangkal Petir Elektrostatis NeoFLASH

Posted by abah petir

PENANGKAL PETIR Elektrostatis NeoFLASH adalah unit penerima sambaran petir terbaru dan modern yang didesain untuk bisa mengarahkan sambaran petir kedalam satu titik tujuan sambaran , hal ini bisa terjadi karena Head terminal Neoflash memanfaatkan induksi elektromagnetis yang diakibatkan awan .

Induksi elektromaknetis akibat awan akan terjadi bila awan hujan memiliki muatan listrik / petir . energi yang terkandung di awan ini akan bergerak dan meradiasi permukaan bumi sebab energi yang dikandungnya sangat besar . dan pada titik puncaknya akan terjadi pengumpulan di benjolan benjolan awan dan sisi sisi ujungnya. Bila energi sudah melebihi ambang loncatan di posisi permukaan bumi juga terjadi hal serupa dengan muatan energi yang berbalik ( beda kutub ) ” Peristiwa ini mirip dengan proses tarik menariknya kutub Magnet ” ” Elektrostatis”

Secara tata letak posisi Penangkal Petir haruslah setinggi mungkin atau lebih tinggi dengan posisi segala obyek sekitarnya agar penyerapan muatan Elektrostatis bisa maksimal saat sambaran petir terjadi.

Dengan tata letak yang baik penangkal petir ini juga dapat melindungi area dengan radius cukup luas karena penangkal petir neoflash akan mengeluarkan streamer lebih baik / lebih tinggi . Bukankah semakin tinggi sebuah loncatan lidah penuntun ( streamer ) akan menghasilkan radius proteksi lebih panjang ….!  Sehingga sambaran liar (akar sambaran) akan tidak berbahaya lagi . Dengan kata lain fokus sambaran petir akan mengenai di satu tempat saja.

Dengan System Elektrostatik ini maka pengamanan jalur arus penyalur petir yaitu di Kabel Penghantar, lebih mudah untuk diamankan , penggunaan kabel dengan isolator yang baik sangat disarankan. Menggunakan kabel penghantar kurang dari 50 mm tidak direkomendasikan sebab akan bisa timbul keluar atau melompatannya arus petir dan mengenai bagian bangunan yang lain.

Unit penerima petir Neoflash adalah jenis penangkal petir generasi ketiga setelah jenis konvensional dan radioaktif. System elektrostatik adalah penyempurnaan dari dua system penangkal petir sebelumnya. Neoflash boleh dibilang adalah penangkal petir yang ramah terhadap lingkungan karena tidak ada radiasi yang ditimbulkannya karena betul – betul memanfaatkan energi static yang di timbulkan akibat pergerakan awan yang bermuatan listrik sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan manusia.

Penangkal Petir Elektrostatis adalah unit penerima sambaran petir yang didesain untuk bisa mengarahkan sambaran petir kedalam satu titik tujuan sambaran agar menghasilkan sentralisasi sambaran di satu titik saja.

Ujung terminal udara NeoFlash adalah alat penerima sambaran petir jenis Elektrostatis dengan sistem kerja memanfaatkan dan menyerap energi awan ( electric Field ) sistem ini dirancang untuk bisa mengarahkan sambaran dan mampu menerima beban sambaran petir yang menghantam unit ini, tentu beban sambaran begitu dasyat yang diterima unit ini. Ketahanan fisik terhadap beban hantam menjadi acuan kami . Agar kerjanya maksimal masih harus didukung oleh komponen lain Kabel dan grounding yakni kabel penghantar haruslah lebih dari 50 mm dan grounding pada tahanan tanah harus kurang dari 5 ohm .

Terdapat 7 Keutamaan Penangkal Petir Neoflash yang bisa dijadikan pertimbangan untuk bisa dijadikan referensi pilihan instalasi penangkal petir

Ada beberapa tipe untuk Head Terminal PENANGKAL PETIR Neoflash ini

penangkal petir

    • NeoFLASH TZ.03

Dilengkapi oleh tiga unit kerja yang bekerja secara grups tiga dengan bergantian

    • NeoFLASH TZ.04

Dilengkapi oleh empat unit kerja yang bekerja secara grups empat dengan bergantian

    • NeoFLASH TZ.05

Dilengkapi oleh lima unit kerja yang bekerja secara grups lima dengan bergantian

    • NeoFLASH TZ.06

Dilengkapi oleh enam unit kerja yang bekerja secara grups enam dengan bergantian

 

Dari ke empat tipe diatas memiliki kemampuan berbeda dalam radius optimal yang bisa di covernya

Arrester Petir / Listrik Tegangan Surge

Posted by abah petir

Arrester petir adalah komponen perangkat listrik yang dipakai untuk menghilangkan tegangan kejut atau tegangan Surge yang timbul dijaringan daya listrik atau data yang disebabkan sambaran petir yang berhasil menerobos masuk jaringan pengkabelan.  Surge Arrester dengan prinsip kerja adalah pemenggal tegangan kejut yang di sebabkan petir dan menyalurkan ke ground.

Tegangan Surge / Surja yang secara teknis disebut Spike ( Tegangan Paku) atau Transien , umum terjadi pada kebanyakan jaringan listrik yakni berupa kenaikan tegangan sangat cepat dengan panjang gelombang pendek . Tegangan Surge dapat disebabkan oleh Petir  juga oleh yang lain, misal Switching (On-Off) contactor , Pemutus Tenaga atau switching capacitor . Tegangan Surge tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada peralatan listrik, karena tegangan surge akan menembus isolasi yang  jauh diluar batas kemampuan isolasi peralatan atau memberikan tegangan kejut kepada komponen sensitif di perangkat elektronik sehingga dapat membakar serta menghanguskan komponen didalamnya.

surge arrester listrik / Petir

arrester petir adalah perangkat yang bisa memenggal tegangan kejut akibat petir dan melepas di graunding

Arrester petir pembelok tegangan lebih

Tegangan Surge yang diakibatkan Petir seringkali menimbulkan kerusakan fatal karena Tegangan Paku ( Volt ) yang sangat tinggi. Tingginya tegangan paku ini disebabkan karena tersambarnya secara langsung ataupun tidak langsung pada jaringan kabel listrik di sekitar bangunan dan masuk jaringan kabel didalam bangunan. Untuk menghindari kerusakan diperalatan elektronik maka perlu dipasang pengaman di setiap jaringan kabel yang terhubung dengan Arrester petir/ listrik .

Metal Oxyde Varistor / MOVPenahan Surja Arrester atau secara umum disebut Arrester petir dirancang untuk bekerja dengan sistem membelokkan Tegangan Paku dengan menggunakan komponen Metal Oxyde Varistor (MOV) , Komponen Metal Oxyde Varistor bekerja dengan prinsip kerja mirip Kapasitor Nonpolar tetapi tanpa penyimpanan muatan listrik di bagian MOV, Jadi bila ada tegangan masuk melebihi batas MOV maka tegangan listrik ini akan dibelokkan dan dibuang ke grounding melalui salah satu kutup MOV. Dengan menggunakan sistem ini perangkat arrester akan  memberikan pengamanan terhadap peralatan elektronik disebabkan tegangan kejut Petir atau yang lain.
Arrester Petir Listrik

Menyangkut kemampuan perangkat Arrester Listrik Petir Satuan yang dipakai untuk Arrester adalah I (Ampere) Maksimal besar arus yang bisa dibelokkan ke grounding disingkat Imax dalam satuan Ampere. Jadi semakin besar nilai Imax maka semakin besar pula arus yang dapat di belokkan ke grounding . Tetapi ada kendala lain, yakni Imax berbanding terbalik dengan tingkat sensitifitas arrester.

Bila Imax besar maka tegangan yang masih bisa masuk /tembus ke jaringan listrik juga besar , sebagai simulasi :
……. sebuah Arrester Listrik dengan Imax=20kA maka tegangan masih bisa masuk sebesar 500 Volt … bila arrester dibesarkan menjadi Imax=40kA maka tegangan yang bisa masuk menjadi 600Volt atau semakin besar ( lolos masuk jaringan listrik) ….. dan apabila Imax diperkecil maka Arrester akan mudah rusak …….. Begitulah gambaran sederhananya.

Penangkal Petir disebuah bangunan belum menghilangkan kemungkinan merembetnya arus petir dijaringan listrik Pemasangan Arrester berlapis diperlukan dan disesuaikan dengan keperluan dari bangunan dengan pertimbangan efesiensi.

tetapi hal tersebut dapat dicari Solusinya yaitu dengan Pemasangan Arrester Listrik dan Petir secara berlapis, dengan maksud bila ada tegangan berlebih yang berhasil menembus Arrester Tahap I akan di hadang di tahap II dan bila masih tembus juga akan di belok kan di arrester Tahap III  baru kemudian dibuang ke grounding ,dengan gambaran mudah, sebagaimana pemecah gelombang di pantai. Pada intinya setiap bangunan haruslah diberi pengaman internal arrester ini hingga tidaka ada lagi kerusakan dan kerugian besar akibat sambaran petir.

arrester listrik

arrester listrik dipasang bertingkat dengan beberapa level pengamanan untuk menghasilkan aliran listrik yang aman

Aplikasi Pemasangan Surge Arrester Listrik
arrester listrik dipasang berlapis dengan beberapa level pengamanan
Instalasi pada bangunan Komersial dan Industri
– Pemasangan Arrester di Panel Utama .
– Pemasangan Arrester di setiap Panel Pembagi.
– Pemasangan Arrester di setiap Perangkat-perangkat elektronik Penting

Instalasi pada bangunan Pribadi / Perumahan
– Pemasangan Arrester setelah Meter PLN (Panel Sekring).
– Pemasangan Arrester di setiap Perangkat-perangkat atau peralatan elektronik Penting

Surge Arrester Untuk Listrik / Power

Arrster Petir

Surge Arrester Untuk RF Antena / Coaxial Protector

Cara Pemasangan Arrester

Haruslah kita pahami bahwa Arrester Petir bukanlah bekerja seperti Sekering ( fuse ) tetapi lebih tepat bekerja seperti batas level tinggi air , yakni bila ada tegangan yang lebih tinggi dari ambang yang direncanakan akan meluber keluar ( dibuang ).

Sedang saluran pembuangan tegangan lebih / surge harus terpasang dengan baik ditanah ( grounding ) dengan nilai tahanan sebaran harus kurang dari 5 ohm .

arrester petirMenggunakan grounding existing (asal bukan grounding Penangkal Petir ) bisa diterapkan .

misal di instalasi kelistrikan sudah dilengkapi dengan system grounding ( kabel tersendiri sebagai saluran ground ) maka di sistem pentanahan arrester bisa di jamperkan ke kabel ground tersebut.

Terdapat beberapa jenis Arrester Pengaman Surge

  • Arrester Listrik / Daya.
  • Arrester CCTV
  • Arrester RF Antena
  • Arrester Lan / RJ 45

 

Tulisan Terkait

 

Penangkal Petir Rumah / Konvensional

Posted by abah petir

PENANGKAL PETIR RUMAH / konvesional dan elektrostatis sistem adalah jenis- jenis PENANGKAL PETIR tetapi Jenis Pengamanan petir yang cocok untuk Rumah / bangunan kecil adalah Penangkal petir Konvensional , yang dimaksud Penangkal Petir Konvensional adalah instalasi listrik sederhana yang difungsikan untuk membuat saluran elektris dari atas bangunan ke grounding , pengamanan sambaran petir ini mempunyai system sederhana berupa rangkaian jalur instalasi yang bersifat pasif atau menunggu terkena sambaran, baru kemudian menyalurkannya kedalam bumi dengan kemampuan perlindungan proteksi sebesar 45 derajat berbentuk kerucut

Ujung Penangkal petir rumah biasanya berbentuk seperti sebuah tombak berbahan logam tahan karat ( Tembaga , Brons , Stailes ), sering kita menjumpai penangkal petir ini  dipasang berjajar secara paralel. akan tetapi Penggunaan Terminal Udara Elektrostatik bisa pula sebagai alternatif atau pilihan utama untuk bangunan rumah tinggal dengan pertimbangan mampu melindungi area sekitar yang lebih luas.

Kabel Penghantar yang memenuhi standart untuk dilalui arus petir dengan luas minimal 50 mm untuk bahan bisa menggunakan jenis kabel Tembaga atau Alumunium . Bentuk penghantar tidak harus kawat terpilin , menggunakan bus-bar tembaga / alumunium pun bisa misal Busbar tembaga 3 x 20 ; 2 x 25 ; 4 x 15 etc

Grounding / Pembumian haruslah menghasilkan pengukuran sebesar kurang dari 5 ohm ( alat Earth Tester Grounding ) untuk menghasilkan tahanan tanah sebesar ini bisa ditempuh dengan membuat grounding secara paralel ( beberapa titik ground yang dijadikan satu )
Penangkal Petir Rumah ada 2 sistem yang bisa digunakan :

Sangkar Faraday / Bentuk Instalasi Sangkar

Penangkal Petir Faraday adalah rangkaian jalur elektris dari bagian atas bangunan menuju sisi bawah/ grounding dengan banyak jalur penurunan kabel penghantar petir.
Sehingga menghasilkan selubung  jalur konduktor yang menyerupai sebuah sangkar yang melindungi bangunan dari semua sisi kemungkinan sambaran , tentu pemasangan kabel penghantar berada disisi luar bangunan dan diletakkan disisi sudut-sudut bangunan .

penangkal petir konfensional faradai

Sangkar Faraday

Untuk bangunan dengan struktur logam tinggi , pemanfaatan struktur logam bangunan sebagai penghantar bisa dilakukan , misalnya
– Rangka baja (H-Beam / I-WF)
– Pertulangan Beton
– Frame Alumunium
– Atap dan dinding zing

Struktur logam penyusun bangunan ini difungsikan ganda selain sebagai kekuatan bangunan juga berfungsi sebagai penyalur petir . Terasa sedikit aneh pemikiran ini bagi anda ! Sebagai gambarannya kita umpamakan bila kita berada disebuah Goa dengan aktifitas penuh dengan seluruh kegiatan menggunakan perangkat elektronik sensitif .

Maka posisi kita akan aman dari seluruh fenomena alam Petir , sebab seluruh energi petir bisa di tahan oleh gundukan goa dan jangan lupa goa ini adalah bagian dari bumi ( tanah dan batu ) sehingga saat ada energi listrik yang mengenainya maka energi tersebut ternetralisir.

Dengan berbagai syarat dan ketentuan
a. Setiap bagian yang mengarah ke bagian bawah / tanah di sambung ke unit grounding.( misalnya kaki kaki H biem perlu dibuatkan grounding )
b. Tidak menjadikan struktur bangunan sebagai penghantar Listrik ( Neutral atau Ground ).

Franklin Cone / Jalur Tunggal

Penangkal Petir Franklin adalah rangkaian jalur konduktor dari atas bangunan ke sisi bawah/grounding dengan jalur kabel Tunggal (satu buah kabel penurunan). dengan dasar pemikiran bahwa petir akan condong menyambar dari sisi atas , sehingga efisiensi dan penghematan material bahan bisa dilakukan.

 

Jalur tunggal penangkal petir rumah

Franklin Cone

 

Jadi bisa disimpulkan bahwa penangkal petir rumah atas sifat perlindungan area yang kecil maka cukuplah menggunakan ujung runcing konvensional biasa , walaupun bisa pula menggunakan penangkal petir elektrostatik .

Dari kedua sistem penangkal petir konvensional yang ada, tentunya pertimbangan keamanan , biaya dan estetika menjadi acuan utama untuk memilih dan memakai sistem proteksi yang sesuai untuk bangunan rumah.

Berikut bahan penangkal petir yang di perlukan

1. Ujung Penerima Petir / Splitzer

splitzen-antipetir bahan baku :

  • Tembaga
  • Bronze
  • Stailess stel

2. Dudukan /Tiang penyangga
3. Kabel penghantar


4. Grounding
5. Assesories

penangkal petir konvensional adalah