Penangkal Petir-Anti Petir

Dewata Technoindo© menyediakan pemasangan Penangkal Petir NeoFLASH jenis Elektrostatik dan Arrester melayani instalasi se-Indonesia beserta kelengkapan material

PENANGKAL PETIR Elektrostatis NeoFLASH adalah unit penerima sambaran petir terbaru dan modern yang didesain untuk ...

Seringkali kami mendapati pertanyaan dari calon konsumen , Perangkat elektronik yang seperti apa Anti Petir ...

Sambaran listrik dari atas awan menuju darat atau sebaliknya  biasa disebut dengan petir adalah fenomena ...

MEMANCING PETIR.... Bukan IKAN tapi PETIR Kejadian Ini baru saja terjadi dan masih hangat menjadi pembicaraan ...

Penangkal Petir Rumah

Penangkal Petir Rumah adalah instalasi listrik yang difungsikan untuk membuat saluran elektris dr atas bangunan ke grounding

Penangkal Petir Rumah / Konvensional

Posted by abah petir

PENANGKAL PETIR RUMAH / konvesional dan elektrostatis sistem adalah jenis- jenis PENANGKAL PETIR tetapi Jenis Pengamanan petir yang cocok untuk Rumah / bangunan kecil adalah Penangkal petir Konvensional , yang dimaksud Penangkal Petir Konvensional adalah instalasi listrik sederhana yang difungsikan untuk membuat saluran elektris dari atas bangunan ke grounding , pengamanan sambaran petir ini mempunyai system sederhana berupa rangkaian jalur instalasi yang bersifat pasif atau menunggu terkena sambaran, baru kemudian menyalurkannya kedalam bumi dengan kemampuan perlindungan proteksi sebesar 45 derajat berbentuk kerucut

Ujung Penangkal petir rumah biasanya berbentuk seperti sebuah tombak berbahan logam tahan karat ( Tembaga , Brons , Stailes ), sering kita menjumpai penangkal petir ini  dipasang berjajar secara paralel. akan tetapi Penggunaan Terminal Udara Elektrostatik bisa pula sebagai alternatif atau pilihan utama untuk bangunan rumah tinggal dengan pertimbangan mampu melindungi area sekitar yang lebih luas.

Kabel Penghantar yang memenuhi standart untuk dilalui arus petir dengan luas minimal 50 mm untuk bahan bisa menggunakan jenis kabel Tembaga atau Alumunium . Bentuk penghantar tidak harus kawat terpilin , menggunakan bus-bar tembaga / alumunium pun bisa misal Busbar tembaga 3 x 20 ; 2 x 25 ; 4 x 15 etc

Grounding / Pembumian haruslah menghasilkan pengukuran sebesar kurang dari 5 ohm ( alat Earth Tester Grounding ) untuk menghasilkan tahanan tanah sebesar ini bisa ditempuh dengan membuat grounding secara paralel ( beberapa titik ground yang dijadikan satu )
Penangkal Petir Rumah ada 2 sistem yang bisa digunakan :

Sangkar Faraday / Bentuk Instalasi Sangkar

Penangkal Petir Faraday adalah rangkaian jalur elektris dari bagian atas bangunan menuju sisi bawah/ grounding dengan banyak jalur penurunan kabel penghantar petir.
Sehingga menghasilkan selubung  jalur konduktor yang menyerupai sebuah sangkar yang melindungi bangunan dari semua sisi kemungkinan sambaran , tentu pemasangan kabel penghantar berada disisi luar bangunan dan diletakkan disisi sudut-sudut bangunan .

penangkal petir konfensional faradai

Sangkar Faraday

Untuk bangunan dengan struktur logam tinggi , pemanfaatan struktur logam bangunan sebagai penghantar bisa dilakukan , misalnya
– Rangka baja (H-Beam / I-WF)
– Pertulangan Beton
– Frame Alumunium
– Atap dan dinding zing

Struktur logam penyusun bangunan ini difungsikan ganda selain sebagai kekuatan bangunan juga berfungsi sebagai penyalur petir . Terasa sedikit aneh pemikiran ini bagi anda ! Sebagai gambarannya kita umpamakan bila kita berada disebuah Goa dengan aktifitas penuh dengan seluruh kegiatan menggunakan perangkat elektronik sensitif .

Maka posisi kita akan aman dari seluruh fenomena alam Petir , sebab seluruh energi petir bisa di tahan oleh gundukan goa dan jangan lupa goa ini adalah bagian dari bumi ( tanah dan batu ) sehingga saat ada energi listrik yang mengenainya maka energi tersebut ternetralisir.

Dengan berbagai syarat dan ketentuan
a. Setiap bagian yang mengarah ke bagian bawah / tanah di sambung ke unit grounding.( misalnya kaki kaki H biem perlu dibuatkan grounding )
b. Tidak menjadikan struktur bangunan sebagai penghantar Listrik ( Neutral atau Ground ).

Franklin Cone / Jalur Tunggal

Penangkal Petir Franklin adalah rangkaian jalur konduktor dari atas bangunan ke sisi bawah/grounding dengan jalur kabel Tunggal (satu buah kabel penurunan). dengan dasar pemikiran bahwa petir akan condong menyambar dari sisi atas , sehingga efisiensi dan penghematan material bahan bisa dilakukan.

 

Jalur tunggal penangkal petir rumah

Franklin Cone

 

Jadi bisa disimpulkan bahwa penangkal petir rumah atas sifat perlindungan area yang kecil maka cukuplah menggunakan ujung runcing konvensional biasa , walaupun bisa pula menggunakan penangkal petir elektrostatik .

Dari kedua sistem penangkal petir konvensional yang ada, tentunya pertimbangan keamanan , biaya dan estetika menjadi acuan utama untuk memilih dan memakai sistem proteksi yang sesuai untuk bangunan rumah.

Berikut bahan penangkal petir yang di perlukan

1. Ujung Penerima Petir / Splitzer

splitzen-antipetir bahan baku :

  • Tembaga
  • Bronze
  • Stailess stel

2. Dudukan /Tiang penyangga
3. Kabel penghantar


4. Grounding
5. Assesories

penangkal petir konvensional adalah