Penangkal Petir-Anti Petir

Dewata Technoindo© menyediakan pemasangan Penangkal Petir NeoFLASH jenis Elektrostatik dan Arrester melayani instalasi se-Indonesia beserta kelengkapan material

Sambaran Petir sebabkan Rumah Terbakar

Sambaran petir bisa membakar rumah dan pemukiman apalagi yang tanpa proteksi penangkal petir, Seperti yang terjadi di Orange County, New York. Sebuah sambaran kilat yang terjadi di Rabu sore itu membuat sebuah rumah terbakar. Petir menyambar atap rumah di sudut Luzon Hard dekat Road Oak Ridge.

Sambaran petir bisa membakar rumah dan pemukiman apalagi yang tanpa proteksi penangkal petir, sambaran petir tersebut bila mengenai kabel instalasi akan menyebabkan konsleting listrik penyebab kebakaran.

“Saya mendengar petir menyambar atap rumah saya, BOOM!” Kata Dorothy Price, sang pemilik rumah. “Sambaran Petir ini mengguncang rumah sangat keras.”

Price sedang berada di teras belakang ketika api mulai muncul, tapi dia tidak tahu rumah itu terbakar.

“Ketika saya datang dan masuk dalam rumah aku mencium bau asap,” kata Price.

Tetangga lainnya melihat rumah Price terbakar kemudian berlari untuk membantunya.

“Ada jilatan api yang keluar dari rumah,” kata Abraham Mendozo, tetangga Price. “Saya melihat api di atas atap.”

Petugas pemadam kebakaran segera cepat memadamkan api. Baik Price ataupun putrinya, yang berada di dalam rumah mengalami luka.

“Petir itu bisa saja datang dari arah sudut dan mengenai saya saya, tapi ternyata tidak,” kata Price.

Kilatan Petir

Sambaran petir memiliki panas melebihi panas permukaan matahari, hingga bisa membakar apapun yang dilewatinya . Tak perduli itu rumah, pohon maupun makhluk hidup, sambaran petir bisa membunuh dan membakar dengan sekejap mata.

Jika makhluk hidup tersambar tapi tidak terbunuh maka akan menjadi cacat . dan bisa jadi sebuah bangunan rumah dengan bahan mudah terbakar ( kayu dll ) akan hangus terbakar bila tersambar oleh petir.kebakaran tersebut bisa jadi juga disebabkan konsleting listrik yang disebabkan oleh arus petir yang menyambar kabel atau jaringan lainnya dekat lokasi kejadian.rumah tersebut mungkin  belum terpasang instalasi penangkal petir.

Kobaran Api akibat petir tewaskan Kakek dan cucu

Baru baru ini  juga pernah terjadi ketika sebuah rumah di Louisville-Kentucky, terbakar akibat tersambar kilat dari kejadian tersebut dikabarkan seorang kakek dan cucunya tewas, dari penyelidikan dan olah tkp di simpulkan bahwa seorang kakek tersebut tengah menderita sakit dan terbaring di tempat tidurnya, karena terjadi kebakaran sang cucu mencoba untuk menyelamatkan kakeknya tapi tragis sang cucupun tewas menjadi korban keganasan si jago merah pemadam kebakaran yang tiba 30 menit setelah peristiwa ini pun sangat kesulitan untuk mengeluarkan korban.

Dari penyelidikan dari peristiwa itu petir adalah penyebab awal terjadinya kebakaran, berawal dari kilatan petir yang menyambar mengenai sebuah pohon yang kemudian terjadi induksi kesebuah kawat telpon dan menjalar masuk kedalam rumah tepatnya masuk kedalam ruangan bawah tanah dan akhirnya melalap seluruh isi rumah termasuk dengan pemiliknya.

Kejadian kejadian diatas sering terjadi di seluruh negara, dari kejadian ini betapa pentingnya kewaspadaan terhadap sambaran petir yang tidak hanya menimbulkan kerugian harta benda bahkan juga jatuhnya korban jiwa.

Di samping itu pemasangan penangkal petir tidak kalah pentingnya baik itu pemasangan penangkal petir external untuk melindungi sambaran petir secara langsung maupun pemasangan penangkal petir internal yang melindungi tegangan lebih atau disebut pula dengan tegangan surge yang masuk melalui jaringan instalasi lain seperti instalasi listrik dan telpon, tegangan lebih tersebut yang dapat membuat perangkat elektronik menjadi rusak atau dapat menimbulkan konsleting yang ujung ujungnya menimbulkan kebakaran seperti kejadian diatas.

Selalu waspada, sigap dan cermat terhadap bencana alam apapun termasuk sambaran petir adalah kunci agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan dan merugikan.

Periksa setiap instalasi apapun dirumah anda untuk memastikan bahwa instalasi tersebut pada kondisi baik dan berfungsi, dan apa bila terjadi kerusakan atau mal fungsi segera konsultasikan kepada ahlinya agar segera mendapatkan penanganan dan di perbaiki jangan menunda-nunda sampai terjadi penyesalan.

jangan sampai hal ini terjadi pada keluarga dan properti  anda !

3711
Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.