Penangkal Petir-Anti Petir

Dewata Technoindo© menyediakan pemasangan Penangkal Petir NeoFLASH jenis Elektrostatik dan Arrester melayani instalasi se-Indonesia beserta kelengkapan material

Korban terbunuh oleh sambaran petir di Sri Lanka Korban sambaran petir yang terjadi di berbagai belahan ...

Pesawat Target Petir Kembali sebuah pesawat menjadi target petir di Houston-Inggris, ini terjadi pada hari Jum'at ketika ...

Petir memang tidak pandang bulu... Apa saja dan siapa saja  yang bisa mengantarkan listrik kedalam tanah ...

Ada 4 Seri Model Penangkal Petir elektrostatis / modern Neoflash ® jenis bervariasi menurut unit ...

Tiang Penyangga Penangkal Petir

Perlukah Tiang Penangkal Petir ? Sebuah Penangkal Petir Elektrostatik tentu membutuhkan sebuah tiang penyangga , agar posisinya lebih tinggi dari bangunan sekitarnya , ada banyak jenis tiang yang bisa dipakai sebagai tiang penyangga penangkal petir , bentuk dan ukuran bisa beragam mengikuti selera dan keperluan baik kontruksi yang ringan sampai kontruksi berat .

Tiang Penyangga Penangkal petir adalah tiang yang berguna untuk menyangga atau menaikkan head terminal ujung penangkal petir dengan menaikkan posisi maka fokus sambaran petir tertuju di titik ini saja , alhasil akan mendapatkan radius perlindungan yang lebih besar.

Seberapa tinggi yang dibutuhkan ?

Memperhatikan situasi sekitar lah hal pertama yang harus dilakukan , sebagai contoh , bangunan yang akan dilindungi sudah yang paling tinggi tetapi ada sebuah pohon palem di sebelah yang hampir menyamai , dengan demikian sebaiknya kita juga memperhitungkan akan kecepatan tumbuh dari pohon palem ini , sebab bila ketinggian pohon bila sampai menyamai tentu kemungkinan akan berimbang 1 banding 1 .

Diantara kontruksi tiang penyangga penangkal petir sebagai berikut :

tiang penyangga penangkal petir

Pipa galfanize Tiang Penangkal Petir

Tiang Penyangga Pipa / GIP

, Tiang penyangga ini merupakan tiang penyangga penangkal petir yang paling sederhana dan biasa di aplikasikan pada kontruksi diatas bangunan , ketinggian yang bisa dicapai tergantung dari kebutuhan, tinggi ideal ada di kisaran 10 mtr sampai 15 mtr.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tiang Free Standing Penyalur Petir

Tiang Tunggal / Free Standing

Tiang Tunggal ~ Free Standing/monopole

Tiang penyangga penangkal petir ini Disebut Tiang Tunggal karena kontruksi ini berdiri sendiri dengan ketinggian yang cukup tinggi kisaran 20 mtr atau lebih.

Ketinggian sebesar ini di peroleh dengan menyusun beberapa pipa dan dilas atau Knock Down untuk menyambungnya mirip sebuah antena radio atau televisi dimulai dari pipa terbesar kemudian disambung dengan yang lebih kecil demikian seterusnya sampai pada ketinggian kisaran 20 meter .

Tiang Tunggal / Free Standing / Monopole sangat cocok untuk daerah terbuka semisal lapangan Golf , Lapangan Udara.

Sebab dengan menggunakan model tiang free standing ini maka kehilangan ruang gerak bagi aktifitas lain bisa dihindari.

Pole lightning protection adalah Tiang penegak dan di fungsikan sebagai peninggi posisi dari ujung penangkal petir

Tiang triangle

Sebuah menara yang terbuat dari besi ringan  yang disusun  atau di rangkai dengan tiga sudut dimana masing masing sudut saling menguatkan satu dengan lainnya, tiang  ini sangat mudah dalam pemasangannya , memang di rancang bisa di bongkar pasang selain itu tiang jenis ini bisa di instal atau di pasang perangkat lainnya , misalnya antena , penguat sinyal dan sebagainya. karena terbuat dari besi ringan , biasanya tiang ini dibantu dengan kawat seling sebagai penguat agar tidak gampang roboh.

Kontruksi Tree Angle Penyalur Petir

Kontruksi Batang / Tower

Tower – Menara Tinggi yang umum dimanfaatkan untuk memposisikan perangkat setinggi mungkin , keberadaan tower ini akan berdiri sendiri tegak tanpa penopang penguat .

Pemanfaatan pada umumnya untuk meletakkan perangkat yang relatif berat , misal : Antena , Tandon Air , Menara Pengawas .

Karena secara posisi , tinggi menara ini akan memancing terkumpulnya energi statik dari bumu dan awan dengan kutub berbeda yang akan mudah sekali terjadi sambaran petir mengarah ke menara ini . Oleh sebab itu bila kita memanfaatkan menara tinggi untuk hajat kita jangan sampai melupakan sistem arde yang mumpuni.

Sedangkan keberadaan Ujung Penerima petir disesuaikan dengan kebutuhan akan luasan area yang akan dilindungi . Tentukan dengan Bijak Menggunakan Ujung Penerima Petir Runcing Biasa atau Elektrostatik
Tiang Tower Kerangka Batang untuk Penyalur petir

52
Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.