Penangkal Petir-Anti Petir

Dewata Technoindo© menyediakan pemasangan Penangkal Petir NeoFLASH jenis Elektrostatik dan Arrester melayani instalasi se-Indonesia beserta kelengkapan material

Ada 4 Seri Model Penangkal Petir elektrostatis / modern Neoflash ® jenis bervariasi menurut unit ...

Petir memang tidak pandang bulu... Apa saja dan siapa saja  yang bisa mengantarkan listrik kedalam tanah ...

Menurut pengertian umum Petir dapat menyerang satu tempat sebanyak dua kali di tempat yang sama, tapi ...

Misi Venus Express telah menginformasikan bahwa Venus - dengan tekanan berat atmosfer dan suhu panas ...

Uncategorized

Penangkal petir merupakan peralatan yang begitu utama di bangunan bukan barang pelengkap tapi sudah menjadi kebutuhan utama di sebuah gedung

Military Class Anti Petir

Posted by abah petir

Seringkali kami mendapati pertanyaan dari calon konsumen , Perangkat elektronik yang seperti apa Anti Petir ?

Kami coba menerangkan perihal pengamanan petir kepada pembaca website ini , Bahwa peristiwa petir merupakan fenomena alam yang sifatnya masih terdapat banyak rahasia yang belum mutlak bisa dipecahkan secara teknologi sekarang ini .

Semisal : besaran energi yang di hasilkan dalam setiap sambaran petir , Sangat luar biasa besar ( bisa menerangi seluruh bumi walau sekejab ) , efek dari peristiwa sambaran apakah baik untuk kehidupan atau buruk.

Sudah banyak penelitian yang dilakukan , mulai sebab terjadinya petir , dan cara menghindari kerusakan yang diakibatkannya .Teknik pengamanan paling akhir baru mendapat kesimpulan :

Pengamanan petir harus meliputi 2 metoda

1. Pengamanan bangunan atas sambaran yang mengenai .

2 . pengamanan atas isi perangkat elektronik , yang acap kali merambat melalui logam dan kabel yang didalam bangunan , pengkabelan bangunan baik masuk atau keluar.

Bila bapak ingin mendapatkan Jaminan 100% dari kami , tentu 2 hal di atas harus sudah dilaksanakan dan jaminan kami sebatas dari tinjauan teknis , seperti : nilai resistansi ground sudah benar , teknis instalasi , pengamanan arester di jaringan kabel , bila sudah benar maka kami berani memberikan jaminan tersebut . Jujur saja kami katakan JAMINAN 100 % ! dengan tanda seru besar ( harap harap cemas ).

kami ada sebuah contoh kasus ….
Sebuah office kami amankan dari bahaya petir … setelah 2 tahun berjalan terjadi kejadian , ada 3 unit PC rusak karena petir ( mati sesaat setelah ada sambaran petir ).
Setelah kami adakan pengecekan , dengan hasil , instalasi anti petir masih sesuai sebagaimana yang kami kerjakan . pengamanan arrester ( jaringan kabel ) masih utuh tidak ada kerusakan , tambahan instalasi yang bersifat baru dan membahayakan tidak ada .

Kami adakan pengecekan di unit PC yang mengalami kerusakan …. ternyata rusak di bagian IC BIOS PC tersebut alias tidak ada kebakaran hebat di unit Board nya .
Kami sampaikan kepada pemilik bangunan ! Mohon hal ini bisa dipahami sebagai kerusakan disebabkan Usia …( mati sakit jantung ) sebab bila karena sengatan petir tentu akan hangus total dari perangkat pc tersebut .

Sebab jenis perangkat elektronik sekarang ini semakin kecil dan rentan … jangankan kena petir , jatuh dari meja saja besar kemungkinan akan terjadi kerusakan .

Dengan kata lain Ada keterbatasan dan kemamuan , baik dari teknologi anti petir yang sudah ada dan Biaya yang besar . Apalagi menyangkut wilayah pengaman yang luas.

Sebagai perumpamaan , terdapat sebuah Cottage Hotel dengan banyak unit bangunan bila ingin diamankan dari bahaya betir keseluruhan tentu dibutuhkan beberapa unit penyalur petir yang covered area yang memadai dan pengamanan jaringan pengkabelan / arrester di setiap cottage / bangunan yang ada . Akan besar biayanya !.

Bila ada user yang bersedia Tentu kami sangat senang mewujudkannya :)  

Seperti apakah perangkat yang tahan petir / anti petir

Komponen yang kompak dan komplit begitulah istilah kami .

MILITARY CLASS begitulah himbauan kami , sebab diperangkat dengan standart seperti ini keberadaan unit penting akan di over standarkan ,
military-class-antipetir

Semisal di bagian IC BIOS Mainboard ditanam ganda , padahal hanya satu buah yang dipakai untuk beroperasi , satu buah BIOS sebagai cadangan, bila rusak di unit primary bios akan langsung bios sekunder sebagai cadangan.

Perangkat kapasitor dibagian unit daya dan pengaman daya di pilih menggunakan bahan Tantalum Solid , tahan lama , tahan banting. Unit catu daya memegang peran yang sangat penting di sebuah keawetan perangkat elektronik sebab setiap kali terjadi sambaran petir di dekat lokasi kita frekwensi listik akan terganggu ( disekitar lokasi ) .

Jalur didesain lebih besar dan kompak sehingga berbodi besar dan tambun, dan dilapisi bahan karet tipis sebagai pelindung frekwensi elektromagnetis ( ROHS ).

Sehingga nampak seakan akan 2 unit yang digabungkan menjadi satu.

Mahal ! Tidak ada pilihan lain bila merupakan kebutuhan yang mendesak dan penting. :) . . . .baca selanjutnya »

Fenomena Petir sangat dasyat perlukah Penangkal Petir

Posted by abah petir

Penangkal petir adalah peralatan yang sangat penting disebuah bangunan bukan lagi menjadi barang pelengkap tapi sudah menjadi kebutuhan utama di sebuah gedung negeri ini,  sebab Letak geografis negara kita berada di penangkal petirkisaran garis katulistiwa, menjadikan indonesia sebagai kawasan yang banyak  terjadi sambaran petir. untuk itulah beberapa proteksi perlindungan diciptakan salahsatunya adalah penangkal petir, di pasang sebagai pelindung bagi bangunan supaya tidak mengalami kerusakan bila terkena sambaran petir bisa secara baik menyalurkan kedalam tanah atau bumi .

Fenomena petir terjadi di sepanjang tahun bergilir dari wilayah kewilayah lainnya di Indonesia ,bahkan di beberapa daerah, hujan disertai petir hampir setiap hari terjadi. Peristiwa badai dan sambaran petir sering di jumpai saat memasuki musim penghujan, dan kembali tinggi intensitasnya dipenghujung musim hujan. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah faktor kelembaban udara yang tinggi.

Nusantara raya ini merupakan negara kepulauan dimana lautan lebih luas dari daratannya, debit air yang tinggi akibat curah hujan yang lebat inilah penyebab melimpahnya awan sebagai hasil dari penguapan, Hembusan angin yang terus menerus menghasilkan gesekan antar awan , dan juga teriknya sinar matahari memberikan beda suhu antara darat dan awan sehingga menimbulkan banyak terbentuknya Uap air. Jadi keberadaan faktor ini menjadi pemicu utama terjadinya petir, Jadi proses terjadinya Petir adalah pemisahan secara paksa muatan listrik positif dan negatif  pada partikel air saat penguapan .

Akumulasi berbagai faktor tersebut menjadikan negeri kita ini sebagai kawasan dengan curah petir terbesar di Dunia. oleh sebab itu perlu tindakan kewaspadaan terhadap bahaya petir salah satunya dengan mengunakan penangkal petir. Bahaya petir adalah bahaya yang disebabkan oleh sambaran petir baik itu secara langsung maupun tidak langsung yang berdampak kerusakan pada gedung, perangkat elektronik sampai pada jatuhnya korban jiwa

Sambaran Petir sering  mendapatkan perlambang buruk dimasyarakat, seperti halnya tanda kemurkaan ataupun bencana dari langit, tidak sedikit pula masyarakat yang  mengkaitkan dengan peristiwa ghaib yang mengerikan……….. Benarkah Demikian ? ternyata pandangan gaib tentang petir ini juga terikat kuat pada orang orang di penjuru dunia nampak pada cerita cerita dan mitos dimasyarakat setempat tentang legenda petir yang ada

Pemahaman umum seperti ini tidak lain karena faktor-faktor yang disebabkan oleh Petir itu sendiri yang mempunyai sifat destruction atau menghancurkan apa-apa yang di sambarnya. Petir juga masih belum bisa di tentukan jenis dan terbentuknya hingga kini masih menjadi perdebatan para ahli.. akan tetapi bila kita cermati bukan karena sifat petir yang merusak, petir hanya mencoba mencari jalan menuju bumi atau kekutub negatif, tetapi karena kekuatan besar yang di simpannya sehingga  apa apa yang di laluinya tidak mampu menahan tenaga besar tersebut dan akibatnya hancur dan terbakar.

misal , kematian seseorang tersambar petir ketika di sawah ataupun tanah lapang , kebakaran hutan dan pepohonan ataupun suara gemuruhnya yang memekakkan telinga.

dan juga proses terjadinya bahwa petir terjadi begitu tiba-tiba tanpa bisa diprediksi saat dan tempat sambarannya ,bahkan dari beberapa sumber juga di sebutkan bahwa sambaran petir dapat menyambar sejauh lima kil0meter dari pusat badai meskipun jarang terjadi tetapi patut kita waspadai.

hal inilah sebenarnya membuat ciut nyali dan Gentar hati Kita semua

Suara Glegar Petir

Suara yang sangat keras menggelegar dan membahana dari petir ditimbulkan dari loncatan aliran listrik berdaya besar yang membakar udara di sekitar aliran sambaran . arah sambaran bisa terjadi di Awan dengan Awan atau Awan dengan Bumi.itu bisa kita lihat ketika kilatan petir yang tampak menjalar secara horizontal dan vertikal,bahkan dari penelitian lain disebutkan bahwa kilatan bisa terjadi jauh diatas atsmosfir dan dengan beberapa sebab.

Peristiwa  petir dan guntur biasanya diikuti dengan hujan. Bila peristiwa ini diikuti dengan angin kencang dinamakan “Badai Petir” tetapi banyak juga yg mengartikan badai petir adalah petir yang datangnya secara bertubi tubi dan dengan itensitas yang tinggi.

Meskipun Badai Petir dapat menimbulkan bahaya tetapi juga mempunyai banyak manfaat. apa saja manfaat yang di hasilkan ??

sebelum kita membahas manfaat petir atau badai petir alangkah baiknya kalau kita mengetahui proses terjadinya terlebih dahulu

PROSES TERJADINYA PETIR

Petir adalah proses perpindahan elektron (sebagaimana listrik) dengan media udara, mengalir dari awan ke awan atau awan ke bumi, aliran elektron ini disebabkan beda potensial listrik yang terkandung di awan.

Terkumpulnya elektron diawan disebabkan karena awan bergerak terus menerus mengikuti hembusan angin dan bergesekan satu dengan yang lainnya pada akhirnya muatan listrik memisah (-) negatif dan (+) Positif , bila Negatif (elektron) disisi bawah maka (+) positif di sisi atas atau sebaliknya.

Bila beda potensial cukup besar sekitar 1.000.000 volt per meter maka akan mengalir ke bagian yang terdekat , bisa awan itu sendiri , antar awan atau ke bumi.

Sambaran petir ketika mengenai sebuah obyek di bumi dengan proses yang sangat cepat, hanya terjadi kurang dari 1 detik dan langsung disambut sambaran balasan dari bumi dengan arah berlawanan (keawan). sambaran balasan ini tidak mudah untuk mengetahuinya dan melihatnya , karena sedemikian cepat dan menyilaukan. proses saling balas ini adalah proses pertukaran muatan listrik yg berlawanan kutub. dan proses selanjutnya adalah penyerapan / penyaluran seluruh energi awan ke titik yg disambar tadi dan di netralkan di bumi pada penerapan instalasi penangkal petir hal ini di sebut dengan grounding system.

Pada proses pelepasan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara/awan . disaat elektron bisa menembus ambang batas isolasi udara maka terjadilah loncatan bunga api dan ledakan suara.

Suara gemuruh kencang itu terjadi karena saat udara dilewati arus petir, terjadi pemanasan dan pemuaian udara dengan sangat cepat sehingga udara menghentak dan meledak menghasilkan suara yang menggelegar. Sebenarnya proses terbentuknya suara ini terjadi bersamaan dengan saat terjadi kilatan petir yang menyilaukan walaupun dengan kasat mata ada tenggang waktu, tidak lain karena cahaya merambat lebih cepat dari suara.Banyak jenis petir ada yang dari awan kedarat ada juga antar awan dengan awan bahkan bisa terjadi jauh diatas lapisan atsmosfir bumi kita , sehingga  tidak semua petir menimbulkan suara atau terdengar oleh kita disebabkan letaknya yang jauh dimana kita hanya bisa melihat kilatannya saja tanpa terdengar suara ledakannya.

Mengapa Petir sering terjadi di musim hujan

Karena di musim hujan kandungan air pada udara lebih tinggi dan daya nilai isolasinya turun maka arus listrik lebih mudah mengalir, adanya penguapan air yang besar sehingga banyak pula awan yang terbentuk . Karena ada awan bermuatan negatif dan awan bermuatan positif, maka sambaran petir juga bisa terjadi antar awan sebagai bentuk keseimbangan elektron. Nah, proses pembuangan elektron inilah yang menyebabkan perpindahan arus listrik yang biasa kita lihat sebagai kilatan cahaya di musim hujan meskipun kadang kita jumpai juga di musim Kemarau. petir bukan hanya yang sering kita jumpai saat ini , bahwa bentuk dan jenis petir menurut para ahli dapat di bagi sesuai dengan jenis  dan letak terjadinya.

Apa yang terjadi apabila sebuah obyek tersambar bila tanpa Penangkal Petir

Apabila sambaran petir mengenai sebuah obyek yang tak terlindungi dengan PENANGKAL PETIR, pohon misalnya maka yang terjadi adalah arus listrik dari petir akan membakar dan menguapkan kandungan air pada pohon tersebut , proses pengeringan ini terus berlanjut sampai energi petir  habis . habisnya energi petir terjadi bila ujung lidah petir mengenai tanah , efek bagi pohon bisa berbagai kemungkinan pertama setelah sambaran petir pohon seakan tidak mengalami sesuatu apapun akan tetapi keesokan hari mulai terlihat efeknya yakni daun-daun kering berguguran dan  kemungkinan besar Mati . kedua setelah sambaran petir pohon langsung terbakar dan mati . dan tidak bisa terbayang apabila mengenai tubuh manusia karena menurut penelitian dalam setiap sambaran membawa sekitar 30.000 amp , memiliki 100 juta volt potensial listrik, jangankan tubuh manusia yang lunak, energi petir ini dapat melelehkan 1 ton baja dalam sekali sambaran.

Penangkal Petir berguna menghindari efek kerusakan yang disebab kan sambaran petir

Agar sebuah obyek terhindar dari kerusakan fatal maka perlu kiranya diberikan saluran dari sambaran petir, yakni memasang rangkaian jalur logam yang menghubungkan sisi yang dimungkinkan disambar petir ke bumi dengan cukup besar penampangnya. atau istilah umumnya Penyalur Petir atau Penangkal Petir 

Manfaat dan Pemanfaatan Petir Untuk kehidupan manusia

Diatas telah kita jabarkan tentang terjadinya petir tetapi bagaimana dengan manfaat petir ?? Pemanfaatan sumber energi yang luar biasa dari setiap sambaran petir belumlah bisa di pecahkan oleh para ilmuwan sampai dengan saat ini,beberapa penelitian hanya sedikit saja menjabarkan keuntungan dan manfaat petir yaitu ketika terjadi proses ionisasi maka juga terbentuk atau di hasilkan zat nitrat oksida atau istilah lainnya adalah nitrogen monoksida dimana molekul ini dalam ilmu kedokteran sangat penting untuk sirkulasi darah begitu pula dengan kesuburan tanaman. akan tetapi penelitian yang lebih penting telah dimulai, embrio penelitian sudah dimulai oleh para ilmuan dari salah satu universitas negeri Samba -Brasil. Walau baru embrio penelitian tetapi sudah menjadi tonggak yang sangat luarbiasa dalam penelitian pemanfaatan petir dan pengembangan jenis penangkal petir dimasa datang.

 

Badai Petir pembunuh Ketiga !!

Posted by abah petir

Petir tetaplah petir …!

Mungkin inilah istilah yang tepat untuk menggambarkan petir  jangan sampai mengangap remeh atau pun lengah terhadap  badai petir yang siap menyambar kapan saja dan dimana saja. Badai petir pembunuh ketiga tarbesar setelah angin topan dan banjir, dari berita media asing (amerika) dilaporkan sedikitnya 55 orang tewas akibat badai petir di sepanjang tahun, USA di ketahui adalah negara dengan petir yang membunuh terbanyak didunia.

badai-petir

Sedangkan diawal tahun 2011 ini diperkirakan sudah lebih dari 25 orang yg tewas, ratusan orang cedera permanen setiap tahun.

Orang yang disambar petir menderita berbagai penyakit jangka panjang, gejala melemahkan, termasuk kehilangan memori, gangguang penglihatan, gangguan tidur, sakit kronis, mati rasa, pusing, kekakuan pada sendi, lekas marah, kelelahan, kelemahan, kejang otot, depresi, dan masih banyak lagi. Masih terdapat 4 Fenomena alam dimuka bumi ini yang masih belum tuntas cara penanganan bencananya , masih banyak misteri yang belum terpecahkan , perihal Puting Beliung , Gunung meletur , Gempa bumi dan Badai petir.

Bermain Golf Tersambar Petir “Selamat”

Petir merupakan fenomena alam yang sangat indah, berkilat, menyala dan berwarna warni bila kita lihat dengan kasat mata. Di Amerika lebih dari 25 juta kedipan atau kilatan setiap tahunnya tetapi dalam sebuah kedipan merupakan pembunuh potensial .

Sangatlah penting bila kita paham akan pentingnya mengetahui badai petir dan bagaimana menghindarinya, tetapi kebanyakan dari kita mengganggap remeh bahaya petir , karena yang di khawatirkan dan perlu diwaspadai pada musim penghujan adalah Banjir yg lebih banyak memakan korban jiwa, padahal sebenarnya badai petir ini lebih berbahaya di banding banjir, karena setiap kilatan dan ledakan adalah ancaman yg serius bagi keselamatan kita, padahal dalam setiap badai, ledakan petir bisa terjadi sampai 10.000 kali banyaknya bandingkan dengan banjir tentu akan jauh lebih sering petir yg terjadi. sebisa mungkin resiko tersambar petir kita hindari seperti masuk kedalam rumah bila terjadi badai petir dan pemakaian penangkal petir pada bangunan kita.

Bermain Golf Tersambar Petir bisa lolos dari maut berkat pertolongan oleh team Pemadam kebakaran yang cekatan, Peristiwa ini terjadi pada 29 Mei 2004. Russ Campbell (47) dan putranya Jordan Miklos (16) , yang terkena sambaran petir. Pada hari Selasa minggu lalu ,berterima kasih kepada orang-orang yang telah menyelamatkan hidupnya.

petir-selamat
Miklos dan ayahnya sedanga berada di areal parkir di Meadows Golf Course di Littleton ketika mereka terkena sambaran petir. Miklos selamat setelah West Metro petugas pemadam kebakaran diresusitasi dia melalui CPR.

Ayahnya meninggal tidak bisa diselamatkan. Miklos mengatakan peristiwa tersebut mengilhami dirinya. ia mulai mengeksplorasi kemungkinan untuk menjadi paramedis. Dia saat ini dalam pelatihan EMT dan telah mulai bekerja sebagai magang kesehatan untuk Departemen Kebakaran Metro Barat, itulah bagaimana ia menghubungkan kembali dengan team yang menyelamatkan hidupnya. “Ini adalah upaya mereka yang menyelamatkan saya dan itu upaya mereka yang berusaha untuk menyelamatkan ayah saya,” kata Miklos. “Aku tahu betapa keras mereka bekerja pada dia dan semua hal yang mereka lakukan untuk mencoba dan membawa dia kembali.” Ketika sambaran petir menghantam Miklos dan ayahnya, kekuatan sambaran itu cukup kuat untuk merobohkan sekitar 15 orang lain yang berada di daerah tersebut pada saat bersamaan.